1. Sikap |
CP-S1 |
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius |
CP-S2 |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika |
CP-S3 |
Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri |
CP-S4 |
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa |
CP-S5 |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain |
CP-S6 |
mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya |
CP-S7 |
taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara |
CP-S8 |
menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik |
CP-S9 |
menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
CP-S10 |
menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan |
CP-S11 |
menginternalisasi sikap dan perilaku sesuai dengan etika profesi |
CP-S12 |
menginternalisasi semangat kepemimpinan dalam mendukung pelayanan dan penjualan |
CP-S13 |
menginternalisasi jiwa kepemimpinan dalam kerjasama tim |
2. Penguasaan Pengetahuan |
CP-P1 |
Manajemen bisnis minimal meliputi fungsi manajemen, ekonomi makro dan mikro, dasar-dasar fungsi organisasi |
CP-P2 |
Konsep teoritis pemasaran minimal meliputi segmentasi, targeting, positioning, perilaku konsumen, produk, harga, distribusi, promosi, personel, bukti fisik dan proses |
CP-P3 |
konsep teoritis pemasaran jasa minimal meliputi:Â karakteristik jasa, kualitas jasa, pelayanan, penanganan keluhan, loyalitas pelanggan, dan membina hubungan dengan konsumen |
CP-P4 |
Konsep teoritis penjualan tatap muka pengetahuan produk, merencanakan kegiatan, pendekatan dengan konsumen presentasi, negosiasi, menutup penjualan dan pelayanan purna penjualan |
CP-P5 |
Konsep teoritis komunikasi ide bisnis dalam melakukan komunikasi perusahaan kepada perusahaan, perusahaan kepada konsumen, konsumen kepada perusahaan dan konsumen kepada konsumen |
CP-P6 |
Konsep teoritis komunikasi pemasaran mengkomunikasikan produk maupun jasa kepada pasar berkaitan dengan periklanan, pemasaran langsung, humas, promosi penjualan, perhelatan (event) dan penjualan tatap muka |
CP-P7 |
Konsep teoritis supervisi penjualan dan pelayanan dalam mengelola suatu tim, melakukan pengawasan, melaksanakan distribusi tugas, memotivasi dan evaluasi |
CP-P8 |
Konsep teoritis supervisi penjualan dan pelayanan dalam mengelola suatu tim, melakukan pengawasan, melaksanakan distribusi tugas, memotivasi dan evaluasi |
CP-9 |
Pengetahuan pemasaran global dan e-commerce |
CP-10 |
Kewirausahaan minimal meliputi cara memulai usaha, mengelola sumberdaya manusia, mengoperasionalkan produksi, perencanaan keuangan, perencanaan pemasaran dan prosedur operasional standar |
CP-11 |
Akuntansi minimal penyusunan anggaran dan pelaporan keuangan sederhana |
CP-12 |
Statistika deskriptif minimal meliputi mengumpulkan, mengolah, menyajikan data (Tabulasi, Grafik/diagram) dan menginterpretasikan data untuk mendukung penjualan |
CP-13 |
Konsep teoritis menjaga dan membina hubungan dengan pelanggan |
3. Keterampilan Khusus |
CP-KK1 |
Mampu melakukan bauran pemasaran sehingga dapat menghasilkan pembelian sesuai dengan harapan konsumen |
CP-KK2 |
Mampu melakukan identifikasi perilaku pasar dengan cara memetakan perilaku konsumen dari data lapangan, data instansi pemerintah, data perusahaan swasta dan informasi lainnya yang akan digunakan untuk menetapkan target pasar sehingga sesuai dengan selera pasar |
CP-KK3 |
Mampu melakukan komunikasi bisnis melalui tatap muka dan telepon serta korespondensi melalui surat konvensional dan surat elektronik antara perusahaan dengan perusahaan, perusahaan dengan konsumen, konsumen dengan perusahaan, dan konsumen dengan konsumen sehingga terjadi transaksi bisnis yang saling menguntungkan |
CP-KK4 |
Mampu melakukan penjualan melalui tatap muka, melalui telepon dan melalui aplikasi on line via internet dengan menggunakan metoda AIDA (Awareness, Interest, Desire, Action) dan SPIN (Situation, Implication, Problem, and Need Payoff) sehingga mampu menghubungkan manfaat produk dan jasa dengan kebutuhan dan keinginan konsumen |
CP-KK5 |
Mampu melakukan pelayanan prima dan menangani keluhan konsumen secara langsung (tatapmuka), melalui telepon, dan melalui aplikasi online via internet sehingga dapat membangun loyalitas pelanggan |
CP-KK6 |
Mampu merancang dan membuat komunikasi pemasaran terpadu, meliputi: 1) periklanan meliputi media cetak dan media sosial elektronik 2) promosi penjualan 3) penjualan tatap muka 4) kehumasan 5) evant 6) pemasaran langsung, sehingga menanamkan pesan promosi dalam benak konsumen (positioning) agar konsumen melakukan pembelian |
CP-KK7 |
Mampu membuat rencana bisnis dengan menggunakan metode peta bisnis, prosedur operasional standar bisnis, dan perencanaan keuangan |
CP-KK8 |
Mampu melaksanakan supervisi penjualan dan pelayanan dengan cara pengawasan, pengorganisasian dan pendelegasian tugas, memotivasi dan pembimbingan sehingga terbentuk tim kerja yang dapat bekerja dengan produktivitas tinggi |
CP-KK9 |
Mengidentifikasi data pelanggan dan membina hubungan sehingga mampu menjaga loyalitas |