Kompetensi dan Profil Lulusan Program Diploma III Manajemen Pemasaran

Diposting pada
KOMPETENSI DAN PROFIL LULUSAN PRODI DIPLOMA III MARKETING
Profil Lulusan (graduate profile) : Menjadi Ahli Madya bidang Pemasaran yang memiliki sikap, menguasai pengetahuan, berketerampilan khusus dan berketerampilan umum yang mampu menerapkan konsep-konsep pemasaran untuk melaksanakan tugas-tugas di bidang penjualan (sales), pengelolaan layanan (service), dan pengelolaan merek (brand).
Kualifikasi yang diperoleh oleh peserta didik: Setelah menyelesaikan studi dengan batas kelulusan 111 SKS, sesuai prosedur yang berlaku, maka peserta didik akan mendapat pengakuan dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dengan gelar akademik Ahli Madya (A.Md) dan ijazah dengan segala hak dan kewajiban yang melekat pada pemilik gelar akademik tersebut.
Kompetensi
1. Sikap
CP-S1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
CP-S2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
CP-S3 Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri
CP-S4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
CP-S5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
CP-S6 mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
CP-S7 taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
CP-S8 menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
CP-S9 menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
CP-S10 menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
CP-S11 menginternalisasi sikap dan perilaku sesuai dengan etika profesi
CP-S12 menginternalisasi semangat kepemimpinan dalam mendukung pelayanan dan penjualan
CP-S13 menginternalisasi jiwa kepemimpinan dalam kerjasama tim
2. Penguasaan Pengetahuan
CP-P1 Manajemen bisnis minimal meliputi fungsi manajemen, ekonomi makro dan mikro, dasar-dasar  fungsi organisasi
CP-P2 Konsep teoritis pemasaran minimal meliputi segmentasi, targeting, positioning, perilaku konsumen, produk, harga, distribusi, promosi, personel, bukti fisik dan proses
CP-P3 konsep teoritis pemasaran jasa minimal meliputi:  karakteristik jasa, kualitas jasa, pelayanan, penanganan keluhan, loyalitas pelanggan, dan membina hubungan dengan konsumen
CP-P4 Konsep teoritis penjualan tatap muka pengetahuan produk, merencanakan kegiatan, pendekatan dengan konsumen presentasi, negosiasi,  menutup penjualan dan pelayanan purna penjualan
CP-P5 Konsep teoritis komunikasi ide bisnis dalam melakukan komunikasi perusahaan kepada perusahaan, perusahaan kepada konsumen, konsumen kepada perusahaan dan konsumen kepada konsumen
CP-P6 Konsep teoritis komunikasi pemasaran mengkomunikasikan produk maupun jasa kepada pasar berkaitan dengan periklanan, pemasaran langsung, humas, promosi penjualan, perhelatan (event) dan penjualan tatap muka
CP-P7 Konsep teoritis supervisi penjualan dan pelayanan dalam mengelola suatu tim, melakukan pengawasan, melaksanakan distribusi tugas, memotivasi dan evaluasi
CP-P8 Konsep teoritis supervisi penjualan dan pelayanan dalam mengelola suatu tim, melakukan pengawasan, melaksanakan distribusi tugas, memotivasi dan evaluasi
CP-9 Pengetahuan pemasaran global dan e-commerce
CP-10 Kewirausahaan minimal meliputi cara memulai usaha, mengelola sumberdaya manusia, mengoperasionalkan produksi, perencanaan keuangan, perencanaan pemasaran dan prosedur operasional standar
CP-11 Akuntansi minimal penyusunan anggaran dan pelaporan keuangan sederhana
CP-12 Statistika deskriptif minimal meliputi mengumpulkan, mengolah, menyajikan data (Tabulasi, Grafik/diagram) dan menginterpretasikan data untuk mendukung penjualan
CP-13 Konsep teoritis menjaga dan membina hubungan dengan pelanggan
3. Keterampilan Khusus
CP-KK1 Mampu melakukan bauran pemasaran sehingga dapat menghasilkan pembelian sesuai dengan harapan konsumen
CP-KK2 Mampu melakukan identifikasi perilaku pasar dengan cara memetakan perilaku konsumen dari data lapangan, data instansi pemerintah, data perusahaan swasta dan informasi lainnya yang akan digunakan untuk menetapkan target pasar sehingga sesuai dengan selera pasar
CP-KK3 Mampu melakukan komunikasi bisnis melalui tatap muka dan telepon serta korespondensi melalui surat konvensional dan surat elektronik antara perusahaan dengan perusahaan, perusahaan dengan konsumen, konsumen dengan perusahaan, dan konsumen dengan konsumen sehingga terjadi transaksi bisnis yang saling menguntungkan
CP-KK4 Mampu melakukan penjualan melalui tatap muka, melalui telepon dan melalui aplikasi on line via internet dengan menggunakan metoda AIDA (Awareness, Interest, Desire, Action) dan SPIN (Situation, Implication, Problem, and Need Payoff) sehingga mampu  menghubungkan manfaat produk dan jasa dengan kebutuhan dan keinginan konsumen
CP-KK5 Mampu melakukan pelayanan prima dan menangani keluhan konsumen secara langsung (tatapmuka), melalui telepon, dan melalui aplikasi online via internet sehingga dapat membangun loyalitas pelanggan
CP-KK6 Mampu merancang dan membuat komunikasi pemasaran terpadu, meliputi: 1) periklanan meliputi media cetak dan media sosial elektronik 2) promosi penjualan 3) penjualan tatap muka 4) kehumasan 5) evant 6) pemasaran langsung,  sehingga menanamkan pesan promosi dalam benak konsumen (positioning) agar konsumen melakukan pembelian
CP-KK7 Mampu membuat rencana bisnis dengan menggunakan metode peta bisnis, prosedur operasional standar bisnis, dan perencanaan keuangan
CP-KK8 Mampu melaksanakan supervisi penjualan dan pelayanan dengan cara pengawasan, pengorganisasian dan pendelegasian tugas, memotivasi dan pembimbingan sehingga terbentuk tim kerja yang dapat bekerja dengan produktivitas tinggi
CP-KK9 Mengidentifikasi data pelanggan  dan membina hubungan sehingga mampu menjaga loyalitas