Mahasiswa Prodi D3 Manajemen Pemasaran FEB UNTIRTA Kembali Lolos Pendanaan PKM 8 Bidang Kemendikbudristek Tahun 2023

Diposting pada

Pendanaan PKM 8 Bidang Kemendikbudristek Tahun 2023

Serang , Sindangsari, Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 8 bidang merupakan kompetisi rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Belmawa Kemendikbudristek). PKM 8 bidang ini terdiri dari Riset Eksakta (RE); Riset Sosial Humaniora (RSH); Pengabdian kepada Masyarakat (PM); Penerapan IPTEK (PI); Karsa Cipta (KC); Karya Inovatif (KI); Kewirausahaan (K); Video Gagasan Konstruktif (VGK). Tahun ini Universitas Sultan Ageng Tirtayasa mengirimkan sebanyak 150 proposal PKM 8 bidang.

Belmawa Kemendikbudristek menyebutkan bahwa kompetisi PKM tahun 2023 ini diikuti oleh 42.368 judul proposal yang dikirim oleh berbagai perguruan tinggi di bawah Kemendikbudristek. Melalui poses seleksi yang ketat hanya sebanya 5.102 judul proposal yang lolos pendanaan. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa meloloskan 28 judul proposal. Salah satu judul proposal yang didanai oleh Kemendikbudristek ini berasal dari tim PKM-Kewirausahaan mahasiswa Prodi D3 Manajemen Pemasaran FEB UNTIRTA. Tim ini diketuai oleh Febrianita Putri Subandi dengan beranggotakan Mirawati, Putri Octaviani, Reggi Patria, dan Nabila Audy Komara Putri dalam bimbingan Farah Putri Wenang Lusianingrum, M.Sc. Lolosnya tim PKM-Kewirausahaan Prodi D3 Manajemen Pemasaran FEB UNTIRTA tentu tidak terlepas dari dukungan Ketua Prodi Bapak Diqbal Satyanegara, S.E., M.Si.

Judul PKM-Kewirausahaan dari tim mahasiswa prodi D3 Manajemen Pemasaran yang lolos berjudul “BAKURAYA: Solusi Mencegah dan Mengatasi Gangguan Kesehatan Mental melalui Inovasi Lilin Limbah Kulit Jeruk yang Dipadukan dengan Rempah Asli Indonesia”. BAKURAYA merupakan lilin aroma terapi dengan memanfaatkan inovasi aroma perpaduan dari kulit jeruk dan rempah asli Indonesia. Selain mendapatkan lilin aroma terapi konsumen juga mendapatkan layanan berupa konsultasi gratis dan konten informasi mengenai kesehatan mental yang saat ini menjadi isu yang perlu mendapat perhatian. Oleh karena itu, tim PKM-Kewirausahaan Prodi D3 Manaejmen Pemasaran FEB UNTIRTA berkolaborasi dengan mahasiwa Prodi Bimbingan dan Konseling FKIP UNTIRTA bernama Mirawati. Semoga pelaksanaan program melalui penbentukan usaha BAKURAYA yang didanai oleh Kemendikbudristek dan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dapat berjalan dengan baik dan lolos ke tahap PIMNAS. Selain itu, diharpakan tahun-tahun berikutnya judul proposal PKM yang didanai dari Prodi Manajemen Pemasaran FEB UNTIRTA dapat terus semakin meningkat.