Kegiatan Evaluasi dan Pengembangan Kurikulum berbasis Outcomes Base Education (OBE) D3 Manajemen Pemasaran

Diposting pada

[:id]Serang, Kota Serang, 19 Oktober 2022 Prodi D3 Manajemen Pemasaran mengadakan kegiatan evaluasi dan Pengembangan Kurikulum berbasis Outcomes Base Education (OBE). Bertempat di Kiara Training Centre, Walantaka, Kota Serang, kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh Dosen D3 Manajemen Pemasaran, serta Ketua Program Studi D3 Manajemen Pemasaran Diqbal Satyanegara, SE., M.Si. Acara tersebut juga dibuka langsung oleh Dekan FEB Untirta Dr. H. Akhmadi, yang memberikan dukungan penuh untuk prodi D3 Manajemen Pemasaran menyusun dan merapkan kurikulum OBE. Adapun narasumber untuk kegiatan ini adalah Dr. Moch. Edman Syarief yang merupakan akademisi Politeknik Negeri Bandung.

Kurikulum OBE itu sendiri merupakan pendidikan yang menitik beratkan pada outcome tidak hanya pada materi yang harus diselesaikan oleh mahasiswa dan dosen pada sesi perkuliahan. Dr. Edman mengemukakan pada pemaparannya, bahwa pada kurikulum OBE ini, peran dari para dosen adalah sebagai tutor, bukan lagi aktor utama. Para mahasiswa dituntuk untuk dapat mendemonstrasikan pengetahuan yang didapatkan dari para dosen menjadi kemampuan yang nantinya menjadi kompetensi dari para mahasiswa tersebut. Kompetensi yang diharapkan diejawantahkan dalam bentuk Capaian Pembelajaran yang tentunya selaras dengan Renstra – Visi Misi Universitas. Adapun dalam penyusunan kurikulum OBE, prodi D3 Manajemen Pemsaran perlu; (1) Menentukan penilaian otentik; (2) Memilih atau membangun kegiatan dan pengalaman belajar yang relevan; (3) Memilih konten yang sesuai. (4) Proses yang digunakan untuk memastikan para mahasiswa mampu menunjukan pencapaian hasil (capaian pembelajaran); (5) Menyusun capaian pembelajaran Prodi yang selaras dengan Capaian Pembelajaran Institusi.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini Kaprodi D3 Manajemen Pemasaran mengaharapkan bahwa salah satu upaya dalam internasionalisasi Prodi D3 Manajemen Pemasaran segera terlaksana, sehingga kedepannya mampu menghasilkan lulusan-lulusan yang memiliki kompetensi internasional. Kompetensi internasional ini diharapkan dapat menjadi lulusan-lulusan D3 Manajemen Pemasaran dapat bersaing dan unggul pada dunia bisnis internasional.

 [:en]Serang, Kota Serang, 19 Oktober 2022 Prodi D3 Manajemen Pemasaran mengadakan kegiatan evaluasi dan Pengembangan Kurikulum berbasis Outcomes Base Education (OBE). Bertempat di Kiara Training Centre, Walantaka, Kota Serang, kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh Dosen D3 Manajemen Pemasaran, serta Ketua Program Studi D3 Manajemen Pemasaran Diqbal Satyanegara, SE., M.Si. Acara tersebut juga dibuka langsung oleh Dekan FEB Untirta Dr. H. Akhmadi, yang memberikan dukungan penuh untuk prodi D3 Manajemen Pemasaran menyusun dan merapkan kurikulum OBE. Adapun narasumber untuk kegiatan ini adalah Dr. Moch. Edman Syarief yang merupakan akademisi Politeknik Negeri Bandung.

Kurikulum OBE itu sendiri merupakan pendidikan yang menitik beratkan pada outcome tidak hanya pada materi yang harus diselesaikan oleh mahasiswa dan dosen pada sesi perkuliahan. Dr. Edman mengemukakan pada pemaparannya, bahwa pada kurikulum OBE ini, peran dari para dosen adalah sebagai tutor, bukan lagi aktor utama. Para mahasiswa dituntuk untuk dapat mendemonstrasikan pengetahuan yang didapatkan dari para dosen menjadi kemampuan yang nantinya menjadi kompetensi dari para mahasiswa tersebut. Kompetensi yang diharapkan diejawantahkan dalam bentuk Capaian Pembelajaran yang tentunya selaras dengan Renstra – Visi Misi Universitas. Adapun dalam penyusunan kurikulum OBE, prodi D3 Manajemen Pemsaran perlu; (1) Menentukan penilaian otentik; (2) Memilih atau membangun kegiatan dan pengalaman belajar yang relevan; (3) Memilih konten yang sesuai. (4) Proses yang digunakan untuk memastikan para mahasiswa mampu menunjukan pencapaian hasil (capaian pembelajaran); (5) Menyusun capaian pembelajaran Prodi yang selaras dengan Capaian Pembelajaran Institusi.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini Kaprodi D3 Manajemen Pemasaran mengaharapkan bahwa salah satu upaya dalam internasionalisasi Prodi D3 Manajemen Pemasaran segera terlaksana, sehingga kedepannya mampu menghasilkan lulusan-lulusan yang memiliki kompetensi internasional. Kompetensi internasional ini diharapkan dapat menjadi lulusan-lulusan D3 Manajemen Pemasaran dapat bersaing dan unggul pada dunia bisnis internasional.[:zh]Serang, Kota Serang, 19 Oktober 2022 Prodi D3 Manajemen Pemasaran mengadakan kegiatan evaluasi dan Pengembangan Kurikulum berbasis Outcomes Base Education (OBE). Bertempat di Kiara Training Centre, Walantaka, Kota Serang, kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh Dosen D3 Manajemen Pemasaran, serta Ketua Program Studi D3 Manajemen Pemasaran Diqbal Satyanegara, SE., M.Si. Acara tersebut juga dibuka langsung oleh Dekan FEB Untirta Dr. H. Akhmadi, yang memberikan dukungan penuh untuk prodi D3 Manajemen Pemasaran menyusun dan merapkan kurikulum OBE. Adapun narasumber untuk kegiatan ini adalah Dr. Moch. Edman Syarief yang merupakan akademisi Politeknik Negeri Bandung.

Kurikulum OBE itu sendiri merupakan pendidikan yang menitik beratkan pada outcome tidak hanya pada materi yang harus diselesaikan oleh mahasiswa dan dosen pada sesi perkuliahan. Dr. Edman mengemukakan pada pemaparannya, bahwa pada kurikulum OBE ini, peran dari para dosen adalah sebagai tutor, bukan lagi aktor utama. Para mahasiswa dituntuk untuk dapat mendemonstrasikan pengetahuan yang didapatkan dari para dosen menjadi kemampuan yang nantinya menjadi kompetensi dari para mahasiswa tersebut. Kompetensi yang diharapkan diejawantahkan dalam bentuk Capaian Pembelajaran yang tentunya selaras dengan Renstra – Visi Misi Universitas. Adapun dalam penyusunan kurikulum OBE, prodi D3 Manajemen Pemsaran perlu; (1) Menentukan penilaian otentik; (2) Memilih atau membangun kegiatan dan pengalaman belajar yang relevan; (3) Memilih konten yang sesuai. (4) Proses yang digunakan untuk memastikan para mahasiswa mampu menunjukan pencapaian hasil (capaian pembelajaran); (5) Menyusun capaian pembelajaran Prodi yang selaras dengan Capaian Pembelajaran Institusi.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini Kaprodi D3 Manajemen Pemasaran mengaharapkan bahwa salah satu upaya dalam internasionalisasi Prodi D3 Manajemen Pemasaran segera terlaksana, sehingga kedepannya mampu menghasilkan lulusan-lulusan yang memiliki kompetensi internasional. Kompetensi internasional ini diharapkan dapat menjadi lulusan-lulusan D3 Manajemen Pemasaran dapat bersaing dan unggul pada dunia bisnis internasional.[:]