Kolaborasi DIII Manajemen Pemasaran Universitas Sultan Ageng Tirtayasa  bersama Marketing Manager Watsons Indonesia melalui Program Praktisi Mengajar 2022

Posted on

Kolaborasi DIII Manajemen Pemasaran Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 

bersama Marketing Manager Watsons Indonesia melalui Program Praktisi Mengajar 2022

 

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, telah menginisiasi Program Parktisi Mengajar pada tahun 2022 ini. Program yang mendorong aktif kolaborasi antara dunia industry dengan dunia pendidikan khususnya di perguruan tinggi Indonesia. Adapun tujuan dari Program Praktisi mengajar ini diantaranya, untuk menutup kesenjangan kompetensi lulusan baru dengan kebutuhan dunia kerja, mendorong kolaborasi penrguruan tinggi dan industri, serta untuk mempersiapkan SDM unggul bagi Indonesia.

Program studi D3 Manajemen Pemasaran Untirta berhasil lolos dalam hibah Program Praktisi Mengajar untuk Mata Kuliah Praktikum Komunikasi Pemasaran dengan dosen pengampu Widya Nur Bhakti Pertiwi, SMB., MM dengan praktisi Bapak Alpha Arief Wibawa Marketing Manager PT Duta Intidaya (Watsons Indonesia).

 

Program praktisi mengajar  ini diawali dengan sambutan dari Kaprodi D3 Manajemen Pemasaran, Bapak Diqbal Satyanegara, SE., M.Si. sebagai bentuk dukungan dan motivasi pada berjalannya program ini. Dalam sambutannya Bapak Diqbal menyampaikan “Dengan dilaksanakannya Program Praktisi Mengajar ini, harapannya dapat mengurangi gap pada dunia akademisi dan dunia industri atau dunia kerja. Sehingga mahasiswa dan mahasiswi D3 Manajemen Pemasaran dapat lebih siap menghadapi dunia kerja.”

Pelaksanaan program praktisi mengajar dilakasakan secara online melalui zoom meeting sejak tanggal 4 sampai 7 Oktober 2022. Bapak Alpha Arief Wibawa menyampaikan berbagai materi komunikasi pemasaran, serta bagaimana penerapannya di Watsons Indonesia. Pada pertemuan terakhir, mahasiswa dan mahasiswi diajak untuk mempraktikan cara membuat sebuah proposal sponsorship yang menarik dengan menggunakan docs.google.com dan juga canva. Para mahasiswa merespon program ini dengan sangat antusias. Hal tersebut dibuktikan dengan 13 mahasiwa/I yang mendapatkan bingkisan menarik dari watsons atas partisipasinya dalam sesi diskusi yang dibuka oleh praktisi. Dengan berakhirnya Program Praktisi Mengajar pada Mata Kuliah Praktikum Komunikasi Pemasaran diharapkan mahasiswa/I D3 Manajemen Pemasaran dapat menerapkan insight yang sangat bermanfaat, sehingga menjadi mahasiswa/I yang unggul di dunia industry. (author. Widya Nur Bhakti Pertiwi)