Prodi D3 Manajemen Pemasaran Untirta Berpartisipasi dalam Program Praktisi Mengajar Mata Kuliah Praktikum Layanan Keuangan dan Perbankan

Posted on

Lulusan perguruan tinggi saat ini dituntut untuk tidak hanya mampu menguasai academic knowledge, namun juga communication skill, management skill, dan skill of thingking. Kondisi ini sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh dunia kerja/dunia industri. Namun, antara kompetensi lulusan dengan dunia kerja/dunia industri masih mengalami kesenjangan. Fenomena ini yang melatarbelakangi KEMENDIKBUDRISTEK untuk memaksimalkan kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan menginisiasi adanya Program Praktisi Mengajar. Program Praktisi Mengajar yang menjembatani kolaborasi antara akademisi di perguruan tinggi dan praktisi ahli diharapkan mampu menciptakan pembelajaran yang holistik antara teori dan praktik lapangan.

Prodi D3 Manajemen Pemasaran Untirta berhasil lolos mendapatkan hibah Program Praktisi Mengajar untuk Mata Kuliah Praktikum Layanan Keuangan dan Perbankan pada gelombang pertama dengan dosen pembina Diqbal Satyanegara dan dosen pengampu Farah Putri Wenang Lusianingrum. Kolaborasi pendek Mata Kuliah Praktikum Layanan Keuangan dan Perbankan dengan Bapak Diqdar Satyabufara selaku Branch Manager Bank Syariah Indonesia cabang Tajur ini diharapkan akan mampu menciptakan sebuah pengalaman baru melalui proses pembelajaran yang kolaboratif, partisipatif, dinamis, inovatif, dan kompetitif bagi mahasiswa. Bapak Diqdar Satyabufara merupakan praktisi ahli yang berpengalaman dalam bidang perbankan selama kurang lebih dua belas tahun.

Pertemuan pertama Program Praktisi Mengajar untuk Mata Kuliah Praktikum Layanan Keungan dan Perbankan dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 2 September 2022 secara daring. Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Bapak Diqbal Satyanegara selaku Kaprodi D3 Manajemen Pemasaran sebagai bentuk apresiasi atas kesediaan praktisi ahli untuk berkolaborasi menjadi penggerak untuk kemajuan Pendidikan Indonesia. Acara selanjutnya yaitu perkenalan dengan praktisi dan dilanjutkan dengan kegiatan perkuliahan yang diisi oleh praktisi.

Perkuliahan pertama dengan praktisi Diqdar Satyabufara ini berhasil menciptakan suasana pembelajaran yang partisiparif dan kolaboratif. Pembelajaran dengan metode case study dinilai tepat untuk pokok bahasan materi mengenai isu terkini simpanan perbankan. Mahasiswa berpartisipasi aktif dalam diskusi mengenai isu-isu dan adaptasi produk simpanan yang dilakukan oleh perbankan. Pembelajaran dengan teori dan praktik yang sesuai dengan kondisi dunia kerja ini diharapkan nantinya akan membantu mahasiswa agar lebih siap terjun ke dunia kerja/dunia industri.