Prodi D3 Manajemen Pemasaran UNTIRTA Melaksanakan Program Praktisi Mengajar sebagai Bagian dari Program Merdeka Belajar

Posted on

Sindangsari, Serang  . Dalam pelaksanaan Program Praktisi Mengajar, Program Studi D3 Manajemen Pemasaran UNTIRTA melakukan kolaborasi dengan beberapa praktisi ahli, adapun praktisi tersebut akan melaksanakan pengajaran pada mata kuliah diantaranya mata kuliah Praktikum Komunikasi Pemasaran, Praktikum Layanan Keuangan dan Perbankan, Praktikum Perencanaan Pemasaran, dan Praktikum Strategi Bersaing.
Praktisi Mengajar merupakan program yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia agar lulusan perguruan tinggi lebih siap untuk masuk ke dunia kerja, dengan didatangkannya praktisi ahli ke kampus diharapkan mahasiswa bisa mendapatkan ilmu secara langsung dari pakarnya. Kolaborasi ini dilakukan dalam mata kuliah yang disampaikan di ruang kelas baik secara luring maupun daring.

“Pada hari Selasa, 06 September 2022”, dilaksanakan perkuliahan pertama praktisi mengajar untuk mata kuliah Praktikum Strategi Bersaing, praktisi ahli yang berkolaborasi yaitu Astria Deviyani Zakaria, S. Farm., M.Si. selaku Plant Manager – CV. Toga Nusantara, sekretaris organisasi Gabungan Pengusaha (GP) Jamu DPD Jawa Barat, dan pernah menjadi tenaga ahli pada Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Hadir pada sesi tersebut Diqbal Satyanegara, S.E., M.Si. selaku Ketua Prodi D3 Manajemen Pemasaran sekaligus Dosen Pembina mata kuliah Praktikum Strategi Bersaing, dan Dosen Pengampu mata kuliah Galih Ginanjar Saputra, S.Pd., M.M.Pada kesempatan perkuliahan pertama, Diqbal Satyanegara (Kaprodi D3 Manajemen Pemasaran) menyampaikan bahwa “kolaborasi aktif praktisi ahli dengan dosen diharapkan agar mampu tercipta pertukaran ilmu dan keahlian yang mendalam dan bermakna antar sivitas akademika di perguruan tinggi dan profesional di dunia kerja, khususnya bagi para mahasiswa/i D3 Manajemen Pemasaran Untirta”. Beliau sangat mengapresiasi program yang sangat relevan ini dalam menunjang keberhasilan pelaksanaan pembelajaran mata kuliah Praktikum Strategi Bersaing karena mahasiswa tidak hanya membutuhkan materi secara teoritis saja, namun mahasiswa membutuhkan materi nyata sesuai dengan kondisi dunia usaha/dunia industri khususnya dalam konteks persaingan bisnis saat ini, tuturnya. Topik perkuliahan yang disampaikan Astria Deviyani Zakaria (praktisi ahli) mengenai teknik analisis strategi bersaing, disampaikan secara daring dengan metode pembelajaran cooperative learning dan dikolaborasikan dengan case study. Seluruh mahasiswa mata kuliah Praktikum Strategi Bersaing hadir mengikuti perkuliahan yaitu sebanyak 40 orang. Para mahasiswa sangat berantusias untuk mengikuti kelas tersebut dan aktif berdiskusi selama perkuliahan berlangsung.
Nantinya, kolaborasi ini akan berlangsung selama 4 pertemuan ke depan, tergolong ke dalam kolaborasi pendek dengan komitmen praktisi ahli akan mengajar selama 8 jam pada periode satu semester. (GG Saputra)