MENGENAL FINTECH SYARIAH DAN WAKAF DIGITAL MELALUI KUNJUNGAN KE PT. AMMANA FINTEK SYARIAH, JAKARTA

Diposting pada

29/10/2019 — Konsentrasi keuangan jurusan Ekonomi Syariah pada hari Selasa, 29 Oktober 2019 melakukan kunjungan ke perusahaan fintech syariah, yakni PT. Ammana Fintek Syariah yang terletak di gedung Mampang Square, Blok B6 Lt. 5, Jakarta Selatan.

Kunjungan tersebut dilaksanakan untuk memenuhi mata kuliah Teori dan Implementasi Produk Keuangan Syariah yang diampu oleh dosen Ainun Najib, Lc., MA. Dalam sambutannya, beliau berharap akan ada kerjasama yang baik antara PT. Ammana dengan jurusan untuk mengembangkan UMKM berbasis syariah.

Narasumber menjelaskan materi mengenai jenis-jenis, fungsi, regulasi hingga perkembangan fintech. Mahasiswa pun diajak untuk melihat dan bertemu dengan para karyawan di PT. Ammana dan dikenalkan bagaimana cara mereka beroperasi. Terdapat empat narasumber yang memberikan penjelasan mengenai PT. Ammana tersebut. Diantaranya Lutfi Adhiansyah selaku CEO & Co-Founder, Agus Khalifatullah Sadikin selaku Head of Partnership, Widji Tri Kusuma Adhi selaku Chief Operation Officer, dan juga Herman selaku penanggung jawab dari BMT.

CEO Ammana Fintek Syariah, Lutfi Adhiansyah memberikan keterangan bahwa, Ammana hadir untuk memudahkan kolaborasi pendanaan usaha secara digital yang menguntungkan dan berkah bagi masyarakat, terutama di Indonesia. Dalam menjalankan perusahaannya, startup ini bekerja sama seperti halnya peer to peer lending, yang menghubungkan antara wakif dengan dengan melalui platform digital.

Sebelum mengakhiri sesi kunjungan tersebut, CEO Ammana memberikan wejangan kepada mahasiswa untuk dapat membuka dan memperluas jaringan bisnis berbasis syariah dengan menerapkan dan berlandaskan pada maqashid Syariah. — (FY— Ekonomi Syariah)