International Short Course, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untirta Mengajak Mahasiswa Internasional untuk Belajar Membuat Produk UMKM

Diposting pada

Pada hari Jumat 24 November 2023, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sultan Ageng Tietayasa mengadakan kegiatan international short course. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan International Vising Professor pada hari sebelumnya. Kegiatan International short course dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama bertempatkan di ruang multimedia gedung rektorat Untirta dengan menghadirkan narasumber dari dosen di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Ibu Nani Suhartini, ME yang memamaparkan tentang Pentingnya Industri Halal dalam Pembangunan Ekonomi Syariah di Indonesia dan alumni dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dien Muhammad Salam Pasha, SE dengan topik Eneterprenur.

 

 

Dien Muhammad Salam Pasha dan Nani Suhartini dalam memaparkan materi

 

Peserta yang hadir di dalam kegiatan ini adalah mahasiswa dari beberapa negara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Kenya dan Bangladesh sebanyak 40 mahasiswa. Dalam paparannya Nani menjelaskan terkait Pentingnya Industri Halal dalam Pembangunan Ekonomi Syariah di Indonesia sedangkan Dien mengajak mahasiswa untuk berbisnis dan memanfaatkan teknologi yang ada. “Hal pertama yang perlu Anda persiapkan sebelum memulai bisnis adalah anda harus menemukan ide bisnis yang akan anda jalankan. Anda bisa menganalisis pasar terlebih dahulu untuk menemukan yang paling banyak bisnis yang menguntungkan.” Kata Dien.

 

Dekan FEB Untirta Prof. Dr. H. Akhmadi, SE., MM melakukan foto bersama dengan para peserta International Short Course, narasumber, Wakil Rektor 1 dan para dosen

Keterlibatan mahasiswa internasional dalam proses pembuatan dimsum

 

International Short Course sesi kedua dilaksanakan di Laboratorium Terpadu Untirta dengan produk-produk UMKM kepada mahasiswa inetrnasional. Pada kesempatan ini Fakultas Ekonomi dan Bisnis menggandeng Pusat Unggulan Inovasi (PUI) berupa pembuatan gula aren dan pemanfaatan ikan bandeng sebagai bahan pembuatan dimsum dan nugget. Pada kesempatan ini mahasiswa internasional diperlihatkan video bagaimana proses pembuatan gula aren dan merasakan minuman dari berbagai varian gula aren. Selain itu mahasiswa asing diajarkan juga bagaimana membuat dimsum dan nugget yang berbahan dasar ikan bandeng.