D3 Manajemen Pemasaran FEB Untirta Terlibat dalam Pembentukan Ekosistem NFR Pertamina Retail melalui Pemberdayaan dan Kemitraan UMKM

Diposting pada

 

Serang, 16 November 2023 – D3 Manajemen Pemasaran Untirta dan Pertamina Retail melakukan pertemuan terkait Program Pemberdayaan UMKM melalui kemitraan dengan Ekosisten NFR (Non Fuel Retai) Pertamina Retail. Program tersebut merupakan inisiasi PT Pertamina Retail dalam membangun kolaborasi dengan UMKM. Melalui kolaborasi ini, UMKM yang tergabung dapat menjual produk-produknya di Ekosistem NFR Pertamina Retail, seperti Bright Store, Bright Café, SPBU COCO, dan Pertashop, tentunya dengan dukungan pemasaran dari PT Pertamina Retail.

Melalui Divisi Business Planning & Development PT Pertamina Retail Ibu Novika Rifkiati dan Baak Dienddy Setyiya Kurniwan, D3 Manajemen Pemasaran FEB Untirta turut berkontribusi dalam program tersebut. Melalui Program Hibah Pengabdian Masyarakat dan Praktikum Komunikasi Pemasaran, D3 Manajemen Pemasaran FEB Untirta memiliki UMKM binaan yang tersebar di Provinsi Banten dengan produk-produk yang memenuhi standar untuk dijual di Ekosistem NFR. UMKM binaan D3 Manajemen Pemasaran FEB Untirta menjadi UMKM pertama yang akan dijual di Ekosistem NFR PT Pertamina Retail.

 

 

Sesi Pemaparan dan Diskusi UMKM, PT. Pertamina Retail, dan D3 Manajemen Pemasaran

 

Bapak M. Yasin Mustopa selaku Manager Business Planning & Development PT Pertamina Retail menyampaikan bahwa UMKM saat ini dinilai sangat penting dalam membangun perekonomian Indonesia, hal tersebut dibuktikan dengan mampunya UMKM bertahan, bahakan bertumbuh pada masa Pandemic Covid-19. Hal tersebutlah yang menjadi latar belakang kolaborasi yang dilakukan PT Pertamina Retail dengan UMKM melalui Ekosistem NFR. Sejalan dengan hal tersebut, Kaprodi D3 Manajemen Pemasaran Bapak Diqbal Satyanegara menyambut kolaborasi ini, serta mendukung peran para Dosen D3 Manajemen Pemasaran dalam mendampingi UMKM khususnya di Provinsi Banten, agar semakin banyak lagi UMKM yang dapat berkolaborasi dengan Ekosistem NFR. Sebagai bagian dari institusi Pendidikan tinggi, Prodi D3 Manajemen Pemasaran terus berkomitmen melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui program pegabdian masyarakat berbentuk kegiatan pelatihan dan pendampingan terhadap UMKM.

 

Penyerahan Cinderamata dari Manajer BDP Pertamina Retail kepada Kaprodi D3 Manajemen Pemasaran

 

Saat ini sudah ada 6 UMKM binaan D3 Manajemen Pemasaran FEB Untirta yang direkomendasikan oleh prodi untuk berkolaborasi dalam Ekosistem NFR PT. Pertamina Retail. UMKM tersebut diantaranya, Kue Bangkit Fafin dan Sheira Akar Pinang dari Kota Serang, PT. Selira Food, Keripik Pisang Rentul, dan Gipang Singkong IKA-KE dari Kota Cilegon, dan Kopi Dadaman dari Kabupaten Serang. Harapannya dengan kolaborasi ini, kedepannya UMKM binaan D3 Manajemen Pemasaran dapat meningkatkan penjualannya melalui Ekosistem NFR PT Pertamina Retail, sehingga menjadi bisnis yang berkelanjutan.