PENGAYAAN E-COMMERCE VISUAL MERCHANDISING UNTUK PRODUK UMKM DI KABUPATEN SERANG

Diposting pada

Selasa 29 Juni 2021, tim PKM D3 Manajemen Pemasaran FEB Untirta yaitu Arum Wahyuni, Asmi Ayuning H, Sholehatin Eka Putri, Farah, Lina dan beberapa mahasiswa melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa “PENGAYAAN E-COMMERCE VISUAL MERCHANDISING UNTUK PRODUK UMKM ANSOR RITEL di KABUPATEN SERANG”. Tujuan dari kegiatan ini salah satunya untuk membantu pengembangan ekonomi terutama dalam sektor usaha mikro kecil dan menengah ditengah pandemi Covid-19 yang sudah satu tahun lebih ada di tanah air dan memaksa kita beradaptasi dengan kehidupan baru.

UMKM memiliki potensi yang sangat besar dalam sistem perekonomian baik skala lokal maupun nasional. Terlebih dengan telah pesatnya kemajuan teknologi dan pemanfaatan digital maka di masa pandemi saat ini perlu adanya terobosan untuk produktivitas penjualan.

Salah satu input strategi unggulan dalam kegiatan ini adalah dengan melakukan teknik visual merchandising. Visual merchandising adalah proses menampilkan produk ritel agar dapat dijangkau pelanggan dengan cepat, bisa ditampilkan atau dipajang secara jelas dan menciptakan kemudahan lainnya bagi konsumen dalam mendapatkan produk yang diinginkan.

Program pengabdian masyarakat ini lebih menitikberatkan pada pengembangan strategi e-commerce visual merchandising, yaitu cara yang dilakukan oleh penjual online dalam menampilkan gambar produknya semenarik mungkin agar calon pembeli tertarik dan memutuskan untuk membeli produk yang ditawarkan.

Dengan pemanfaatan akses digital tentunya produk-produk tersebut dapat bersaing dalam lingkup E-commerce yang kini tengah digandrungi oleh anak muda. Dengan begitu produk lokal ini bisa bermain skala nasional bahkan internasional karena mempermudah pertemuan antara produsen dan konsumen.