WEBINAR SERIES TIRTAYASA MARKETING FORUM BAHAS “CAREERS IN MARKETING: WHAT TO DO AFTER COLLEGE?

Diposting pada

Tirtayasa Marketing Forum kembali menggelar webinar series bertajuk “Careers in Marketing: What to do after college?” melalui Zoom meeting pada Sabtu, 19 Juni 2021, pukul 10.00-11.30 WIB. Webinar terbuka bagi umum dan telah diikuti oleh berbagai kalangan.

Tema ini diangkat merujuk pada kondisi perlunya peningkatan pemahaman karir lulusan bidang pemasaran di dunia bisnis. Isu penting yang menjadi fokus dalam panel diskusi webinar kali ini, diantaranya adalah kompetensi digital marketing dan praktik pemasaran.

Seminar daring dihadiri oleh Dekan FEB, Bapak Dr. Akhmadi, SE,. MM sebagai keynote speech sekaligus membuka acara, Wakil Dekan Tiga Bapak Dr. Moh. Mukhsin, SE., M.M. dan Kaprodi D3 Manajemen Pemasaran Untirta Bapak Diqbal Satyanegara, SE., M.Si.

Diqbal Satyanegara, SE., M.Si. menjelaskan terselenggaranya webinar ini bertujuan untuk memperluas pemahaman terkait ruang lingkup pemasaran. Melalui sharing session para alumni pemasaran diharapkan dapat membuka pemahaman mahasiswa maupun calon mahasiswa terkait jenjang karir dibidang pemasaran.

Dr. Moh. Mukhsin, SE., M.M. menyampaikan bahwa marketing adalah salah satu core bisnis yang penting karena terkait riset mengenai peluang-peluang dalam bisnis. Selain itu, sharing session dari alumni akan memberikan gambaran juga motivasi bagi mahasiswa pemasaran maupun calon mahasiswa untuk meniti karir dalam bidang pemasaran.

Dr. Akhmadi, SE,. MM. memaparkan bahwa karir marketing sangat terbuka lebar di segala bidang, tidak hanya terbatas pada dunia usaha saja. Oleh karena itu, penting sekali mahasiswa untuk menguasai konten konten marketing, jangan sampai mesin menggantikan peran manusia dalam memberikan pelayanan. Konten marketing juga sangat dibutuhkan dalam promosi produk di media sosial saat ini. Perubahan pasar dari konvensional menjadi digitalisasi menjadi peluang besar bagi pemasar untuk menggali kemampuan dalam pemanfaatan teknologi. Oleh sebab itu, materi-materi yang terkait dengan digital marketing perlu ditingkatkan sehingga menghasilkan lulusan yang menguasai konten marketing, dengan begitu memperbesar peluang karir untuk lulusan pemasaran.

Webinar dibagi menjadi dua sesi dengan format diskusi panel. Pada sesi satu mengangkat tema Kompetensi Digital Marketing dengan nara sumber Diqbal Satyanegara, SE., M.Si. Pada diskusi sesi dua diisi Sharing Session Alumni. Para alumni yang berpartisipasi sebagai pemateri kali ini adalah Sabda Farhatur Rahmah, A.Md. (Senior Field Education Ruang Guru) dan Sahrul Fauzhie Agustian, A.Md. (Owner Partikel Kopi).

Pemateri pertama memaparkan bahwa Salah satu kompetensi pemasaran yaitu kompetensi digital marketing sangat sesuai dengan situasi saat ini di mana kemampuan lulusan dengan kebutuhan yang dibutuhkan dunia kerja masih kurang match sehingga ini menjadi PR untuk prodi. Digital marketing tidak hanya media jualan, tetapi mencoba meraih pelanggan dengan saluran yang ada. Jika ingin berkompeten dalam bidang digital marketing, maka ada 3 skil penting: aktifitas pemasaran secara umum, periklanan dan pengoperasian komputer.

Pemateri berikutnya adalah para alumni Pemasaran yang berbagi pengalaman mengenai praktik pemasaran yang mereka geluti. Menurut mereka, pemasaran tidak hanya menjual produk, tapi bagaimana mengenal konsumen dan menciptakan konsumen loyal. Marketing selalu ada di berbagai sektor di dunia kerja, sektor pendidikanpun butuh marketing. Terutama di era digital saat ini. Bekerja di ruang guru, skill komunikasi sangat dibutuhkan, misalnya negosiasi saat rekruitmen. Begitupun ketika memilih menjadi enterprenur, penting untuk menganalisis segmen pasar, analisis pesaing, desain produk, lokasi maupun iklan. Banyak sekali ilmu marketing yang bisa diterapkan di dunia bisnis. Oleh karena itu, penting untuk mengasah kemampuan lulusan agar sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan saat ini terutama di era digital.

Demikianlah acara webinar ini yang merupakan salah satu kontribusi Tirtayasa Marketing Forum dalam pengembangkan disiplin dan praktik pemasaran di Indonesia.

(TMF)