Kompetensi dan Profil Lulusan

KOMPETENSI

  1. Akuntan Manajemen

Akuntan manajemen adalah sarjana akuntansi yang dapat bekerja di perusahaan swasta (PMDN atau PMA), BUMN, BUMD, dan Koperasi. Untuk dapat bekerja sebagai Akuntan Manajemen, lulusan Program Studi Akuntansi diharapkan mampu dalam hal penyusunan laporan biaya produksi, laporan harga pokok produksi yang akan digunakan oleh pihak manajemen dalam membuat keputusan serta mampu membuat anggaran perusahaan.

 

  1. Akuntan Publik

Akuntan Publik adalah sarjana Akuntansi yang memberikan layanan jasa Akuntansi dan audit kepada masyarakat bisnis.Untuk dapat memberikan layanan ini, sarjana Akuntansi dapat bekerja sebagai auditor junior atau sebagai partnerdengan syarat memiliki Sertifikat Profesi yang diperoleh melalui Ujian Sertifikasi Akuntan Publik  (USAP).  Sehingga lulusan Program Studi Akuntansi diharapkan mampu melakukan kegiatan audit dan menyusun laporan audit sesuai standar profesional akuntan publik serta mampu menyusun sistem informasi akuntansi.

 

  1. Konsultan Pajak

Konsultan Pajak adalah sarjana Akuntansi yang memberikan layanan jasa di bidang Perpajakan kepada masyarakat.Untuk dapat memberikan layanan ini, harus disertai dengan Sertifikat Profesi yang diperoleh melalui Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak (USKP).

 

  1. Akuntan Sektor Publik

Akuntan Sektor Publik adalah sarjana akuntansi yang bekerja di instansi pemerintah dan berhubungan dengan pelayanan umum, seperti di BPK, BPKP, Pemprov, Pemkot/Pemkab dan sejenisnya. Bagian yang ditangani umumnya berkaitan dengan bidang administrasi, pembukuan, keuangan, anggaran, pendapatan, perpajakan, dan pembelanjaan.

 

  1. Akuntan Keuangan

Akuntan Keuangan dapat bekerja sebagai Analis keuangan atau bekerja pada berbagai sektor industri sebagai staf/kepala bidang keuangan.Untuk dapat bekerja sebagai Akuntan Keuangan lulusan Program Studi Akuntansi diharapkan memiliki kemampuan di bidang akuntansi keuangan yaitu dalam hal penyusunan laporan keuangan perusahaan swasta dan publik sesuai standar akuntansi keuangan serta mampu menginterpretasikan laporan keuangan perusahaan swasta dan perusahaan publik.

 

PROFIL LULUSAN

SIKAP

  1. Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik dalam menyelesaikan  tugas-tugas yang menjadi tanggungjawabnya.
  2. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki kepedulian sosial serta mendukung perdamaian dunia.
  3. Mampu bertanggungjawab atas tugas yang diberikan, berperilaku etis, professional, komunikatif dan aspiratif dalam pencapaian hasil kerja pada berbagai organisasi.
  4. Mampu beradaptasi dan bersaing di dunia kerja pada tingkat nasional maupun internasional

PENGUASAAN PENGETAHUAN

  1. Menguasai konsep teoritis, metode dan alat analisis di bidang akuntansi, pengauditan, sektor publik dan manajemen keuangan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengarahan, pemantauan dan evaluasi pada berbagai segmen dan organisasi.
  2. Menguasai konsep dan teknik penyusunan informasi akuntansi keuangan, akuntansi manajemen dan akuntansi sektor publik, sistem informasi akuntansi, auditing dan audit sistem informasi serta manajemen keuangan baik untuk korporasi maupun pasar modal.
  3. Menguasai kaidah dan prinsip kepemimpinan, teknologi informasi dan komunikasi serta kewirausahaan dalam berbagai bidang usaha.
  4. Menguasai konsep metode penelitian meliputi studi kasus, survei, ekperimental, studi peristiwa baik secara kuantitatif maupun kualitatif, bersifat eksploratif, deskriptif maupun verifikatif serta menguasai metode penelitian yang diimplementasikan dalam tugas akhir.
  5. Menguasai konsep etika bisnis dan corporate governance.
  6. Menguasai minimal satu bahasa Internasional

KETERAMPILAN KHUSUS

  1. Mampu mengaplikasikan perencanaan dan pengelolaan  pajak bagi WP Orang Pribadi,  Badan maupun instansi perpajakan dan manajemen pajak sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku.
  2. Mampu mengidentifikasi, menganalisis kondisi , risiko  dan prospek bisnis   perusahaan, Merencanakan, melaksanakan dan menyusun laporan audit.
  3. Mampu melakukan kajian empiris dan pemodelan dengan menggunakan metode ilmiah pada bidang akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, akuntansi sektor publik, sistem informasi akuntansi, pengauditan, audit sistem informasi serta manajemen keuangan.

KETERAMPILAN UMUM

  1. Mampu menyusun informasi akuntansi dan  operasional, penganggaran,  berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk pengambilan keputusan bisnis.
  2. Mampu berkomunikasi secara efektif dengan stakeholderdengan memanfaatkan kemampuan yang dimiliki secara profesional.
  3. Mampu mengambil keputusan manajerial secara tepat berdasarkan analisis atas informasi akuntansi keuangan konvensional maupun syariah, akuntansi manajemen, Akuntansi sektor publik, hasil audit,  sistem informasi akuntansi dan manajemen keuangan.