DOSEN FEB IKUT BIMTEK PENULISAN ARTIKEL ILMIAH RISTEKDIKTI

03-09-2019 193 Pembaca

Berdasarkan Undang-undang Nomor 18 Tahun 2002 tentang sistem nasional penelitian, pengembangan, dan penerapan IPTEK (P3 IPTEK) antara lain mengamanatkan IPTEK untuk mewujudkan pencapaian tujuan negara, serta meningkatkan daya saing dan kemandirian bangsa. Salah satu kegiatan penting yang dilakukan untuk mengembangkan IPTEK adalah melalui kegiatan penelitian. Dalam pasal 1 Undang-undang Nomor 18 tahun 2002 disebutkan bahwa penelitian adalah kegiatan yang dilakukan menurut kaidah dan metode ilmiah secara sistematis untuk memperoleh informasi, data, dan keterangan yang berkaitan dengan pemahaman dan pembuktian kebenaran atau ketidakbenaran suatu asumsi dan atau hipotesis di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta menarik kesimpulan ilmiah bagi keperluan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk mendapatkan hasil yang optimal dari kegiatan penelitian tersebut, diperlukan sinergi yang positif dari semua unsur kelembagaan Iptek yang terdiri atas unsur perguruan tinggi, lembaga litbang, badan usaha, dan lembaga penunjang. Oleh karena itu Direktorat Jenderal Sumber Daya Ristek Dikti memfasilitasi para peneliti untuk dapat mempublikasikan penelitiannya di jurnal internasional yang bereputasi melalui acara “Bimbingan Teknis Penulisan Artikel Ilmiah Internasional Bereputasi” yang dilaksanakan sebanyak 7 gelombang yaitu gelombang 1 di Jakarta, gelombang 2 di Belitung, gelombang 3 di Medan, gelombang 4 di Balikpapan, gelombang 5 di Makassar, gelombang 6 di Batam, dan gelombang 7 di Surabaya.

Pada acara Bimbingan Teknis Artikel Ilmiah Internasional Bereputasi di Makassar (Gelombang 5), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sultan Ageng Tirtayasa telah mengirimkan perwakilan dosen dari DIII Keuangan Perbankan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sultan Ageng Tirtayasa yaitu Siti Epa Hardiyanti, SE., MM untuk turut serta berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Selain mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, melalui kegiatan ini pula diharapkan kompetensi dosen dan mutu publikasi ilmiah dosen di jurnal-jurnal internasional yang bereputasi di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sultan Ageng Tirtayasa pun ikut meningkat.

Beberapa pekan yang lalu, Fakultas Ekonomi dan Bisnis – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa juga telah berhasil menciptakan dosen-dosen yang qualified melalui pelatihan-pelatihan sertifikasi profesi dan kompetensi pada bidang keahlian masing-masing dosen. Seperti Sertifikasi Kompetensi Keuangan, Sertifikasi Kompetensi Bisnis, Sertifikasi Metodologi Penelitian, Sertifikasi Bidang Ekonomi Syariah tentang Halal food industries, dan lain-lain. Hal tersebut tidak luput pula dari semangat para civitas akademika yang turut serta dan berpartisipasi dalam meningkatkan kemajuan pendidikan dan ilmu pengetahuan di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Kegiatan Bimbingan Teknis Penulisan Artikel Ilmiah Bereputasi Gelombang V yang di laksanakan di Hotel Aryaduta – Makassar pada tanggal 30 Agustus – 02 September 2019 ini merupakan kegiatan positif untuk mendorong produktivitas dosen dalam menghasilkan artikel ilmiah yang dipublikasikan di jurnal internasional yang bereputasi. Kegiatan ini diawali dengan paparan materi yang disampaikan oleh Prof. Husin Alatas, S.Si., M.Si seorang Guru Besar IPB, beliau memaparkan tentang pentingnya publikasi artikel ilmiah bereputasi bagi dosen. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Yanuarsyah Haroen, seorang Guru Besar ITB lulusan Perancis. Beliau memaparkan tentang teknik memilih jurnal internasional yang bereputasi, konferensi internasional dan pencegahan plagiasi. Kemudian dilanjutkan kembali dengan paparan materi yang disampaikan oleh Prof. Carunia Mulya Firdausy, MA., Ph.D. seorang peneliti LIPI sekaligus Guru Besar Universitas Tarumanegara lulusan Queensland University – Australia, beliau memaparkan tentang bagaimana Teknik Penulisan Artikel Ilmiah Internasional yang bereputasi. Kemudian setelah itu dilanjutkan kembali oleh pemaparan yang disampaikan oleh Prof. Albert Sulaiman dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, beliau memaparkan tentang kiat-kiat Sukses untuk menembus Jurnal Internasional Bereputasi secara mudah dan accepted. Kemudian setelah itu dilanjutkan dengan pemaparan yang disampaikan oleh Prof. Sutikno tentang bagaimana teknik pemilihan reviewer dan penyusunan daftar pustaka yang baik dan benar. Kemudian Prof. Julio memaparkan tentang pentingnya penggunaan LaTeX dan tentang bagaimana sistem instalasi LaTeX agar dapat submit ke jurnal-jurnal internasional tertentu yang mengharuskan format artikel dalam bentuk LaTeX.

Setelah pemaparan dan instalasi LaTeX bersama Prof. Julio, para peserta Bimtek diarahkan untuk masuk ke ruang-ruang kelas yang sudah dibentuk menjadi kelas pararel. Dimana di kelas tersebut, para peserta diharuskan untuk mempresentasikan artikel ilmiah – artikel ilmiah yang sudah dibuat masing-masing peserta. Sekaligus langsung diperbaiki disaat itu juga apabila dipandang kurang elok untuk submit ke artikel ilmiah internasional yang bereputasi. Hari itu para Profesor yang expert pada bidangnya, selalu mendampingi dengan gigihnya agara para peserta dapat dinyatakan accepted di Jurnal-jurnal internasiona yang bereputasi.  

Acara Bimbingan Teknis Penulisan Artikel Ilmiah Bereputasi ini diikuti oleh lebih dari 1000 orang peserta yang mendaftar secara daring online melalui halaman www.sumberdaya.ristekdikti.go.id, yang di ikuti oleh para dosen dan peneliti dari berbagai perguruan tinggi dan pusat penelitian dan pengembangan (PUSLITBANG) yang terdapat di Indonesia. Namun seleksi daring online menyatakan bahwa yang lolos seleksi untuk mengikuti kegiatan ini hanya sekitar 50 orang. Dan dari jumlah peserta 50 orang tersebut, terdapat sebanyak 36 orang yang dinyatakan sudah lolos submit artikel ke jurnal internasional yang bereputasi dan dinyatakan accepted. Termasuk artikel yang di submit oleh perwakilan dosen DIII Keuangan Perbankan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, yang telah berhasil submit ke jurnal Asian Academy of Management Journal of Accounting and Finance, Scopus rankings Q2.

Semoga setelah kegiatan ini, akan terdapat banyak lagi pelatihan-pelatihan kompetensi bagi dosen dan seluruh civitas akademika untuk terus berpartisipasi dalam meningkatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.