DEKAN FEB UNTIRTA MENGHADIRI RAPAT KERJA TAHUNAN DEKAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS BKS PTN BARAT

Diposting pada

Rapat Tahunan Dekan Fakultas ekonomi dan Bisnis BKS PTN Barat diselenggarakan di Palembang pada tanggal 27-28 September 2019. Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan dari 21 perguruan tinggi negeri yang terabung dalam BKS PTN Barat, salah satunya adalah dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) yang dihadiri oleh Dr. H. Fauji Sanusi, Drs., MM dan Dr. Indra Suhendra, SE., M.Si. Rapat kali ini mengusung tema “Peran PTN dalam Mewujudkan SDM Unggul melalui Pengelolaan Penelitian dan Pengabdian yang Berkualitas” yang disampaikan oleh Dr. Muhammad Dimyati yang menjabat sebagai Direktur Jendral Penguatan Riset dan Pengembangan dan Askolani SE., MA., dari Kementerian Keuangan.

Pemaparan dari Dr. Muhammad Dimyati menunjukkan bahwa publikasi internasional Indonesia tahun 2014-2018 mengalami peningkatan yang signifikan, begitu pula untuk paten yang terdaftar. Kemenristekdikti mengharapkan peneliti dapat melakukan penelitian yang dapat diaplikasi pada masyarakat, dan didaftarkan paten untuk tindak lanjutnya. Selain itu, kemenristekdikti juga telah menambah anggaran untuk penelitian dan pengabdian masyarakat di tahun 2020. Penelitian dan pengabdian pada masyarakat dapat dilakukan dengan kerja sama antar kementerian, sehingga manfaatnya bisa dirasakan lebih nyata.

Pemerintah mendukung kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat dengan menganggarkan dana untuk penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Bapak Askolani SE., MA., dari Kementerian Keuangan menyampaikan bahwa anggaran penelitian dan pengembangan pemerintah pusat mengalami peningkatan setiap tahunnya. Pemerintah mendukung berbagai bidang penelitian, namun ada 10 bidang fokus anggaran litbang (PRN 2017-2019) yaitu : Pangan, energi, kesehatan, transportasi, teknologi informasi & komunikasi, Hankam, material maju, kemaritiman, kebencanaan dan sosial humanioran-seni budaya-pendidikan. Selain itu, dukungan pemerintah terhadap penelitian dengan adanya program SBKU penelitian, Super deduction tax, endowment fund, dan PMK royalty.

Sebagaimana yang disampaikan oleh kedua tokoh tersebut, maka diharapkan dosen FEB Untirta selain melaksanakan pendidikan juga meningkatkan penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Penelitian dan pengabdian masyarakat yang berkualitas dapat meningkatkan kompetensi dosen, selanjutnya dapat meningkatkan kualitas institusi. (DY)