Kerja Sama Fakultas Ekonomi Untirta dengan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang

Diposting pada

Semarang – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untirta secara resmi menjalin kerjasama dengan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang dalam bidang penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dengan ditandatanganinya nota kesepakatan bersama oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untirta, Dr. H. Akhmadi, SE., M.M. dan Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang, Prof. Heri Yanto, M.B.A., Ph.D., secara luring pada Senin, 25 Oktober 2021 di Auditorium Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Kerja sama ini membuka kesempatan bagi kedua belah pihak untuk saling berbagi sumberdaya yang dimiliki dalam bidang Pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Dekan Fakultas Ekonomi Unnes, Prof. Heri Yanto, M.B.A., Ph.D., menyampaikan bahwa, “empat prodi yang ada di FE Unnes semuanya sudah terakreditasi A BAN PT dan sudah terakreditasi internasional AQAS yang diakui oleh BAN PT, sehingga semua prodi sudah terakreditasi unggul. Publikasi di FE Unnes juga sangat baik, dan paling unggul se-universitas dari jumlah luaran penelitian yang terpublikasi di jurnal reputasi.  Tahun lalu tidak kurang sebanyak 176 artikel ilmiah dari seluruh dosen FE Unnes yang diterima di jurnal yang terindeks Scopus, dan tahun ini kurang lebih 70 artikel ilmiah para dosen FE Unnes sudah diterima di jurnal yang terindeks Scopus. Sedangkan untuk jurnal yang dikelola oleh jurusan yang ada di FE Unnes, sebanyak 5 jurnal terindek Sinta-2”, tambahnya.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untirta, Dr. H. Akhmadi, SE., M.M., dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kesediaan dan sambutan yang hangat daru Dekan FE Unnes beserta jajaran atas kunjungan kerja dari FEB Untirta. Dalam kesempatan tersebut, yang bersangkutan juga menyampaikan niat kedatangan dari kunjungan kerja tersebut adalah dalam rangka benchmarking dan belajar tentang berbagai hal, khususnya tentang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Pada bidang Pendidikan, diharapkan dapat terjalin Kerjasama saling bertukar sumber daya dosen, penyelenggaraan seminar internasional bersama, dan pendampingan akreditasi internasional. Pada bidang penelitian dapat terjalin kerja sama dalam hal kolaborasi riset dan publikasi, saling sharing reviewer jurnal, kolaborasi penulisan buku ajar, monograf maupun buku referensi.

“Kami sangat iri dengan produktivitas yang dihasilkan oleh dosen-dosen FE Unnes dalam hal publikasi ilmiah bereputasi dan pengelolaan jurnal, dimana pada tahun lalu seluruh dosen FE Unnes mampu menghasilkan publikasi ilmiah pada jurnal bereputasi kurang lebih sebanyak 176 artikel, dan tahun ini terlah dihasilkan sebanyak 70 artikel pada jurnal bereputasi. Kami ingin belajar lebih jauh terkait kiat-kiat yang telah dilakukan FE Unnes menghasilkan luaran sebanyak itu”, Ujarnya.

Akhmadi berharap melalui kerja sama dibidang penelitian dan pengelolaan jurnal, ke depan jumlah publikasi dosen pada jurnal bereputasi semakin meningkat dan pengelolaan jurnal di FEB Untirta bisa lebih ditingkatkan sehingga semua jurnal, minimal dapat terakresitasi Sinta-2 semua. “Ketika pengelolaan jurnal sudah sangat baik dan semua jurnal dapat terakreditasi di Sinta-2, maka harapan kami, ini menjadi jalan untuk membantu dosen-dosen FEB Untirta yang tertunda kenaikan pangkatnya pada jabatan fungsional Lektor karena terkendala oleh persyaratan harus memiliki artikel yang terbit di Sinta-2 bisa teratasi”, tuturnya.

Turut menghadiri acara penandatanganan nota kesepakatan ini adalah Wakil Dekan I FEB Untirta, Dr. Indra Suhendra, SE., M.Si., Wakil Dekan II FEB Untirta, Bambang Mahmudi, SE., MM., Ketua Jurnal Ekonomi-Qu, Dr. Sugeng Setyadi, SE., MM., Ketua Jurnal Tirtayasa Ekonomika, Dr. Hayati Nufus, SE., MM., Editor Jurnal Sains Manajemen, Adih Supriadi, SE., MM., Ketua Jurnal Riset Akuntansi Terpadu, Dabella Yunia, SE., MSA., Ak., Ketua Jurnal Syiar Iqtishadi, M. Najmudin, Lc., M.A., Anggota Gusus Penjaminan Mutu, Enok Nurhayati, SE., M.Si., Wakil Dekan I FE Unnes, Dr. Kardoyo, M.Pd., Wakil Dekan II FE Unnes, Dr. Amin Pujiati, SE., M.Si. ; para ketua jurusan FE Unnes, dan segenap chief editor di FE Unnes (FEB – Indra)