Pembuatan Laporan Keuangan Sederhana Berbasis Aplikasi dan Peningkatan Promosi Melalui Media Sosial dan Online Pada UMKM Sepatu dan Sandal di Desa Sindangsari Kec. Pabuaran Kab. Serang

Diposting pada

Tim Dosen D3PK FEB Untirta yg terdiri dari Fiesty Utami, Adih Supriadi, Edy Arishonda, dan Lukmanul Hakim Aziz serta beberapa perwakilan mahasiswa telah melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di Kp. Rancasumur Desa Sindangsari Kec. Pabuaran – Serang. Kegiatan tersebut dimaksudkan sebagai pengabdian pada masyarakat terutama UMKM yg ada di wilayah tersebut dengan topik “Pembuatan Laporan Keuangan Sederhana Berbasis Aplikasi dan Peningkatan Promosi Melalui Media Sosial dan Online Pada UMKM Sepatu dan Sandal di Desa Sindangsari Kec. Pabuaran Kab. Serang”. Desa Sindangsari merupakan salah satu Desa binaan Untirta dan di desa tersebut banyak aktifitas ekonomi yang dilaksanakan oleh warganya salah satunya yaitu kegiatan usaha yang bergerak dalam bidang produksi pembuatan sepatu dan sandal yang masih berskala UMKM.

UMKM sepatu dan sandal ini sudah dilakoni sejak lama, dimasa kejayaannya UMKM ini telah memasarkan hasil produksi hingga keberbagai wilayah di Indonesia dan pernah bermitra dengan perusahaan-perusahaan ternama, dan telah memproduksi sepatu dan sandal dengan berbagai jenis, sehingga ada yang menyebut wilayah ini cibaduyutnya kab. Serang.
Namun, dikondisi sekarang dimana pandemic covid-19 telah melanda negeri ini hampir semua sektor terkena imbasnya baik perekonomian, pendidikan, dan yang lainnya. Hal ini juga berimbas besar pada UMKM Sepatu dan Sandal di Desa Sindangsari, dimana mereka pada kondisi sekarang bisa dikatakan mengalami keterpurukan, produksi menurun drastis, pemesanan dan permintaan berkurang akibat pandemic covid-19 yang melanda negeri ini bahkan dunia.
Oleh karena itu, untuk membantu mereka bangkit kembali, tim Dosen D3PK FEB Untirta beserta perwakilan mahasiswa mencoba hadir ke tengah-tengah mereka, kami membantu mempromosikan kembali usaha mereka dan membenahi pencatatan keuangan usahanya.

Adih Supriadi selaku perwakilan dosen D3PK yg hadir mengatakan “bahwa hadirnya kami kesini kepada para pelaku UMKM Sepatu dan sandal disini dalam kegiatan ini diharapkan kami bisa memberikan kontribusi untuk membangkitkan kembali jalannya usaha mereka, tidak banyak yang bisa kami bantu, namun setidaknya kami bisa membantu dengan apa yang bisa kami lakukan”. masih kata Adih, “untuk membantu membangkitkan usaha mereka terutama dimasa pandemic ini kami akan melakukan promosi melalu media sosial seperti IG, WA, dll, serta membuat website yang akan menampilkan foto-foto produk sepatu dan sandal yang dihasilkan. Selain itu kami juga akan membenahi pencatatan keuangan usahanya, kami juga perkenalkan aplikasi berbasis android yang bisa mempermudah para UMKM dalam pencatatan keuangan usaha”. Diharapkan dengan seperti ini masyarakat luas akan melirik kembali usaha ini dan membeli produk-produk yang dihasilkan para UMKM ini.

Dalam kegiatan ini para UMKM yang hadir sangat antusias dan merasa senang seolah ada yang memperhatikan kembali keberadaan mereka. Muhdi salah satu UKM sepatu dan sandal yang hadir pada kegiatan tersebut mengatakan “saya dan UMKM disini merasa senang bisa dikunjungi dan diajari oleh para dosen dari Untirta, saya berharap tidak hanya sekali tapi terus berkelanjutan karena kami membutuhkan bimbingan dalam bidang usaha” masih kata Muhdi, “walaupun kami sudah menggeluti usaha ini puluhan tahun tapi kami masih banyak memiliki kekurangan dan keterbatasan”.
Diharapkan kegiatan pengabdian yang dilaksanakan oleh tim dosen ini bisa membantu dan memberikan efek positif terhadap UMKM Sepatu dan Sandal yang ada di Desa Sindangsari Kec. Pabuaran – Kab. Serang. (Adih S.)