PPM Mandiri Prodi Perbankan dan Keuangan FEB UNTIRTA di Sawarna Lebak

Diposting pada

Pada tanggal 11-12 Juni 2021 Program Studi Perbankan dan Keuangan FEB UNTIRTA telah mengirimkan perwakilan dosen program studi untuk melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa Pelatihan Pencatatan Laporan Keuangan Sederhana bagi UMKM di Desa Sawarna Lebak, Banten. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan para pelaku usaha dalam mengelola keuangannya, sehingga diharapkan dapat menjadi pendorong dan membantu meningkatkan skala usahanya..

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Prodi Perbankan dan Keuangan bapak Gerry Ganika, S.E., M.Sc, yang dalam sambutannya mengharapkan kegiatan ini dapat berlanjut secara berkesinambungan dalam bentuk kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk pihak  Desa Sawarna dan juga kelompok masyarakat lainnya, sehingga terbentuk Kelompok Industri Mikro Mandiri (IMM) binaan.Senada dengan hal itu, Iwa Sungkawa, Kepala Desa Sawarna, mengapresiasi dan menyambut baik rencana pembinaan UMKM diwilayahnya, terlebih jika diadakan secara berkesimbungan dan sesuai dengan keperluan para pelaku usaha.

Dalam pelaksanaannya kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan Perangkat Desa setempat, perwakilan Pokdarwis Tanjung Layar Sawarna, unsur dosen antara lain Adih Supriadi, S.E., M.M., Titis Nistia Sari, S.S.T., M.E, Edy Arisondha, S.E., M.M.  dalam pelaksanaannya di pandu oleh bapak Lukmanul Hakim Aziz, S.E.I., M.M. selaku pembawa acara dan Firly Agusetiawan Shavab, S.E., M.M. dan Siti Eva Hardiyanti, S.E., M.M selaku narasumber dan instruktur pelatihan, mahasiswa serta masyarakat setempat yang merupakan para pelaku UMKM dari berbagai bidang usaha. Acara secara resmi dibuka oleh Kepala Desa Sawarna dan turut mendukung kegiatan ini adalah  Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sawarna bapak Ade Sudrajat, beliau sangat mengapresiasi kegiatan ini, dikarenakan masih banyak masyarakat yang memilki namun masih belum melakukan pencatatan transaksi usahanya dalam bentuk laporan keuangan yang baik.

Peserta yang hadir merupakan para pelaku UMKM yang terdiri dari berbagai bidang usaha seperti pengelola penginapan, produk makanan seperti sale pisang dan coklat sale, pengusaha gula aren dan gula semut serta pemilik warung, yang ada di area wisata sawarna. Mereka sangat antusias mengikuti kegiatan ini, terutama pada saat narasumber memberikan materi dan pelatihan tentang laporan keuangan sederhana ini karena mereka merasa penting untuk mengetahui dan bisa melakukan pencatatan disetiap transaksi usahanya ke dalam bentuk laporan keuangan yang baik. Semoga kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut dan dilaksanakan. (by Ari)