Standard Operating Procedures (SOP) Bidang Akademik

Pelayanan prima yang berorientasi pada kepuasan publik merupakan suatu keniscayaan yang mutlak harus dijalani oleh semua organisasi publik, termasuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA).

FEB sepenuhnya menyadari bahwa perbaikan terus-menerus (continuous improvement) atas kualitas layanan sebagai wujud pelayanan prima perlu dilakukan untuk dapat bersaing baik dalam tingkat nasional maupun internasional. Kesadaran tersebut telah mendorong FEB untuk mengambil langkah-langkah strategis dalam mewujudkan pelayanan prima. Salah satu langkah strategis tersebut yang akan dilakukan oleh FEB adalah penyusunan Standar Operating Procedur (SOP).

SOP yang dibuat ini merupakan wujud komitmen bahwa FEB merupakan organisasi yang sangat mementingkan pengendalian mutu atas kegiatan organisasi.  SOP ini juga merupakan bagian dari sistem informasi manajemen yang berisi pedoman pekerjaan dalam tiap bidang yaitu bidang layanan akademik, sumber daya manusia, sarana prasarana, dan keuangan.

Dengan adanya SOP ini diharapkan setiap kegiatan dapat dilakukan secara konsisten dalam pencapaian efisiensi dan efektivitas kegiatan. Selain itu SOP ini merupakan sarana komunikasi pekerjaan yang dapat digunakan sebagai pelatihan bagi para pegawai utamanya pegawai baru. SOP ini memungkinkan pula dilakukannya audit kegiatan dan juga sebagai sarana untuk mengendalikan dan mengantisipasi terjadinya perubahan sistem.

Akhirnya, Saya berharap SOP yang masih perlu disempurnakan ini benar-benar dapat diimplementasikan secara baik, sehingga FEB dapat menjadi organisasi yang efisien dan efektif. Saya sadar sepenuhnya bahwa tanpa dukungan dan kedisiplinan semua pihak yang terlibat maka SOP ini tidak mungkin dapat dilaksanakan dengan baik. Oleh karena itu, kesadaran tentang pentingnya dan kebutuhan akan SOP ini kiranya harus dimiliki oleh semua pihak di lingkungan FEB khususnya dan UNTIRTA pada umumnya.