Metode Pembelajaran Program Magister Manajemen

Program Magister Manajemen Untirta juga akan menggunakan strategi pengajaran antara lain:

a.    Strategi Pengajaran Langsung

Pengajaran langsung adalah istilah yang sering digunakan untuk teknik pengajaran ekspositori atau teknik penyampaian semacam kuliah atau sering dikenal dengan istilah chalk and talk”. Strategi Pengajaran langsung merupakan bentuk dari pengajaran yang berorientasi kepada pengajar teacher center approch karena pengajar yang memegang peranan sangat dominan. Fokus utama pengajaran langsung adalah kemampuan akademik (academic achievment), metode pengajaran kuliah dan demonstrasi merupakan bentuk strategi pengajaran langsung. 

b.   Strategi Pembelajaran Dengan Diskusi

Diskusi adalah proses pengajaran melalui interaksi dalam kelompok. Setiap anggota kelompok saling bertukar ide tentang suatu isu dengan tujuan untuk memecahkan suatu masalah, menjawab suatu pertanyaan, menambah pengetahuan dan pemahaman atau membuat suatu keputusan. Apabila proses diskusi melibatkan seluruh anggota kelas, maka pengajaran dapat terjadi secara langsung dan bersifatstudent center approcah. Dikatakan pengajaran langsung, oleh karena dosen menentukan tujuan yang harus dicapai melalui diskusi, mengontrol aktivitas mahasiswa serta menentukan fokus dan keberhasilan pengajaran. Sedangkan dikatakan berpusat pada mahasiswa dikarenakan sebagian besar input pengajaran berasal dari mahasiswa, mereka secara aktif akan meningkatkan belajar dan mahasiswa dapat menentukan hasil diskusinya.

c.    Strategi Pengajaran Kerja Kelompok Kecil

Mengorganisasikan mahasiswa dalam kelompok kecil merupakan strategi yang banyak direkomendasikan oleh para pendidik. Strategi ini dapat dilakukan untuk mengajarkan materi-materi khusus. Strategi pengajaran kelompok kerja kecil merupakan strategi pengajaran yang berpusat kepada mahasiswa karena mahasiswa dituntut untuk memperoleh pengetahuan sendiri melalui bekerja secara bersama-sama. Tugas dosen hanyalah memonitor apa yang dikerjakan mahasiswa. Output yang diharapkan melalui strategi pengajaran kelompok kerja kecil adalah kemampuan interaksi sosial, kemampuan akademik dan interaksi keduanya.

d.   Strategi Pengajaran Cooperative Learning

Co-oprerative learning adalah strategi pengajaran yang menekankan kepada proses kerjasama dalam suatu kelompok yang bisa terdiri dari 2-3 orang mahasiswa untuk mempelajari suatu materi akademik yang spesifik sampai tuntas. Strategi pengajaran Co-oprerative learning mahasiswa didorong untuk  bekerjasama secara maksimal sesuai dengan keadaan kelompoknya. Kerjasama dimaksudkan agar setiap anggota kelompok harus saling membantu, karena penilaian akhir ditentukan oleh keberhasilan kelompok.

 e.    Strategi Pengajaran Problem Solving

Mengajar memecahkan masalah berbeda dengan penggunaan pemecahan masalah sebagai suatu strategi pengajaran. Mengajar memecahkan masalah adalah mengajar bagaimana mahasiswa memecahkan suatu persoalan. Sedangkan strategi pengajaran pemecahan masalah adalah tekhnik untuk membantu mahasiswa agar memahami dan menguasai materi pengajaran dengan menggunakan strategi pemecahan masalah.