WORKSHOP PENYUSUNAN BORANG AKREDITASI AKUNTANSI

31-03-2018 582 Pembaca

Dalam rangka upaya meningkatkan  akreditasi program studi akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sultan Ageng Tirtayasa mengadakan kegiatan workshop penyusunan borang akreditasi akuntansi dengan tema “Pelatihan Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) untuk Perguruan Tinggi” yang dilaksanakan pada Kamis, 29 Maret 2018 di Hotel Puri Kayana, Serang, Banten. Salah satu syarat peningkatan akreditasi adalah dalam penyusunan borang yang baik dan benar. Borang merupakan instrumen akreditasi yang berupa formulir yang berisikan data dan informasi yang digunakan untuk mengevaluasi dan menilai mutu suatu program studi atau institusi perguruan tinggi.

Kegiatan ini berlangsung dari pukul 8 pagi sampai selesai dan dibuka hangat oleh Bapak Roni Budianto, SE., ME., Ak, selaku ketua tim borang akuntansi sekaligus ketua jurusan akuntansi dan Bapak Dr Indra Suhendra, SE., M.Si selaku Wakil Dekan 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sultan Agung Tirtayasa. Selanjutnya, langsung pada acara inti yaitu materi penyusunan borang yang disampaikan oleh Ibu Dr. Sekar Mayangsari, Akt, M.Si., Ca yang merupakan salah seorang tim asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi ( BAN-PT ).

Peningkatan akreditasi program studi akuntansi bukan hanya sekali ini saja dilakukan oleh para dosen. Pada tahun - tahun sebelumnya, para dosen program studi akuntansi sudah pernah melakukan pengajuan borang untuk meningkatkan akreditasi program studi akuntansi sebanyak 3 kali. Namun, dikarenakan terdapat beberapa kekurangan pada borang yang dinilai sehingga akreditasi program studi akuntansi belum mengalami peningkatan.

Menurut narasumber, yaitu Ibu Sekar Mayangsari, Akt, M.Si., Ca, kekurangan yang sering terjadi pada pembuatan borang adalah analisa pada evaluasi diri, yaitu dibentuk dengan tidak sesuai dengan keadaan dan kejadian yang sudah terjadi sebelumnya. Termasuk sering terjadinya kata–kata rancu yang tidak jelas maksudnya.

Dengan adanya kegiatan borang ini diharapkan dapat mengurangi kesalahan–kesalahan yang terjadi pada pembuatan borang dalam peningkatan akreditasi program studi akuntansi, sehingga program studi akuntansi dapat mengalami peningkatan dan memberikan manfaat bukan hanya pada dosen, namun juga bagi seluruh mahasiswa/I jurusan akuntansi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. (WS & FM)