Visitasi Akreditasi Program Studi Manajemen FEB Untirta

07-08-2017 495 Pembaca

Akreditasi Program Studi pada Perguruan Tinggi adalah pengakuan formal yang diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) terhadap kompetensi prodi dalam melaksanakan kegiatan akademik yang telah memenuhi standar mutu serta menghasilkan lulusan sesuai standar BAN-PT. Penetapan akreditasi oleh BAN-PT dilakukan dengan menilai keterkaitan antara tujuan, input, proses dan output. Kegiatan

Site visit asesor BAN-PT digelar di Program Studi Manajemen FEB Untirta selama 2 hari yakni Jum’at – Sabtu (4 – 5 Agustus 2017). Tim Asesor terdiri dari dua orang, yakni Prof. Dr. Ahmad Rodoni (UIN) dan Dr. Mugi Harsono, S.E., M.Si. (UNS) yang diterima langsung oleh Rektor Untirta di Ruang Rapat Rektorat Lantai 2 Kampus Untirta Pakupatan Serang, kemudian Tim Asesor diantarkan oleh Dekan FEB Dr. Fauji Sanusi, Drs., M.M dan Ketua Program Studi Jurusan Manajemen Bambang Mahmudi, S.E., M.M. menuju Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Acara visitasi akreditasi dihadiri juga oleh perwakilan civitas akademika FEB yang terdiri dari mahasiswa, dosen, tenaga administrasi, serta alumni dan stakeholder. Maksud tujuan kegiatan yang site visit ialah untuk validasi dan verifikasi hasil desk evaluation atau penilaian di tempat kedudukan program studi dan sebagai upaya perpanjangan masa berlaku akreditasi yang sudah dicapai oleh prodi S1 Manajemen, FEB Untirta. Saat ini prodi S1 Manajemen FEB terakreditasi B yang telah diakui oleh BAN PT. Harapan seluruh civitas akademika adalah dapat diraih akreditasi "A".

Kegitan site visit hari pertama diisi dengan ini diawali dengan melakukan kegiatan evaluasi diri (self evaluation) terhadap berbagai komponen kemudian mengirim laporan tersebut ke lembaga asesor. Berdasarkan laporan evaluasi tersebut pihak lembaga Asesor mengirim beberapa pertanyaan (borang) untuk diisi. Kemudian Asesor melakukan kunjungan ke laboratorium, kelas, dan beberapa bagian untuk mengecek sarana dan prasarana yang ada di Fakulas maupun Prodi. Kegiatan site visit hari kedua diisi dengan memeriksa hasil revisi borang dan kemudian melakukan penandatanganan berkas serta penyerahan berita acara oleh asesor kepada Dekan dan Ketua Program Studi yang sekaligus menutup acara site visit tahun 2017 di Jurusan Manajemen FEB Untirta (HH)