UNTIRTA GELAR PELATIHAN PARIWISATA UNTUK PENGEMBANGAN DESA WISATA

Diposting pada

FAJARBANTEN.COM – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untirta bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata menggelar kegiatan Pelatihan Pariwisata dengan tema “Pengembangan Desa Wisata melalui Pendampingan dalam Rangka Fasilitasi Pelatihan Masyarakat Sadar Wisata”. Kegiatan ini dilaksanakan Kiara Training Center, Ciruas. (28/6).

Rulyta M. Rachmaesa, Kasubbid Kemitraan Usaha Masyarakat Kementerian Pariwisata, mengatakan, pelatihan ini merupakan bagian dari pengembangan desa wisata melalui program pendampingan yang ada pada Bidang Pengembangan Masyarakat Pariwisata.

“Harapannya semoga masyarakat desa yang mendapat pendampingan oleh Universitas ini bisa lebih termotivasi dalam pengembangan desanya dan agar dapat meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakatnya, serta menarik lebih banyak lagi wisatawan untuk berkunjung ke Desa wisatanya,” terangnya.

Sementara Mira Maulani Utami Ketua Pelaksana mengatakan acara ini diselenggarakan sebagai bentuk tindaklanjut kerjasama antara Untirta dengan Kementerian Pariwisata dalam rangka pengembangan Desa Wisata. “Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi antara Pokdarwis, Akademisi, Pemerintah Desa, Generasi Pesona Indonesia, serta masyarakat desa,” jelasnya.

“Desa wisata yang saat ini kami dampingi di Banten ada dua, diantaranya adalah Desa Wisata Banyuresmi, Kabupaten Pandeglang dan Kampung Wisata Pancer di Kelurahan Banten, Karangantu Kota Serang diperkirakan kedepannya kami juga akan menambah binaan untuk mendampingi Desa wisata lainnya,” lanjutnya.

Di tempat yang sama, Azmi Ryan, salah satu peserta yang hadir dalam acara tersebut mengungkapkan rasa terima kasih kepada panitia pelaksana, yang telah menyelenggarakan acara yang sangat bagus, edukatif dan informatif, terutama bagi generasi millennials agar lebih sadar dan peduli lagi terhadap berbagai potensi wisata yang ada di desa, agar masyarakat lebih semangat lagi dalam membangun serta memajukan desanya. (RLS)