PELATIHAN PEMBUATAN BUSINESS PLAN D3 MARKETING

24-10-2016 438 Pembaca

Prodi D3 Marketing menyelenggarakan Pelatihan Pembuatan Business Plan pada hari Rabu, tanggal 19 Oktober 2016. Bertempat di Auditorium Untirta, kegiatan ini dibuka langsung oleh Dekan FEB Dr. H. Fauji Sanusi.

Dalam sambutannya, Dekan FEB mengemukakan beberapa hal yang perlu menjadi perhatian bagi seluruh mahasiswa D3 Marketing. Diantaranya, mahasiswa D3 Marketing diharapkan mampu mempelajari, menguasai dan menerapkan Ilmu Pemasaran di kehidupan secara nyata nantinya, sehingga lulusannya merupakan para profesional yang siapa ‘pakai’. Oleh karena itu, output lulusan D3 Marketing bukan menjadi “sales” saja, namun secara luas adalah pribadi yang memiliki latar belakang kepakaran (expertice) di bidang pemasaran. Disinilah pentingnya Program Studi menyelenggarakan Pelatihan ini, yang diharapkan mampu menopang keahlian pemasaran mahasiswa melalui keterampilan pembuatan rencana bisnis.

Adapun Kaprodi D3 Marketing, Diqbal Satyanegara, SE.,M.Si, dalam sambutannya mengemukakan pentingnya pelatihan ini dalam rangka meningkatkan kompetensi mahasiswa melalui penguatan ‘softskill’ penyusunan rencana bisnis.

Yang menarik, kegiatan ini menghadirkan para pembicara dan moderator yang kesemuanya adalah alumni FEB. Ini merupakan wujud bakti alumni FEB dalam rangka mengembangkan almamater melalui transfer keilmuan dan sharing experience kepada adik-adiknya.

Dalam sesi pertama, pembicara adalah Jeffrie Adriansyah,SE.,MM alumnus FEB 2003. Jeffrie  memaparkan dasar-dasar penyusunan Business Plan. Dengan pengalaman yang cukup banyak, baik di bidang profesi dan berwirausaha, beliau menekankan pentingnya aspek pemasaran khususnya segmenting, targeting dan positioning produk dan merek yang akan kita pasarkan, sehingga brand image menjadi baik. Selain tentunya perlu memperhatikan aspek-aspek lainnya seperti Keuangan, SDM, dan Produksi/ Operasinya. Dengan dimoderatori oleh Didi Wandi, SE.,MM alumnus FEB 2006, pada sesi ini tampak sekali antusiasme para peserta, sehingga kegiatan pelatihan ini tampak lebih seperti diskusi yang sangat cair.

Adapun pada sesi kedua, menghadirkan Ahmad Ufuwan, SE (Ufwan) alumnus FEB 2012. Dimoderatori oleh Suhroji Adha, SE.,MM alumnus FEB 2013. Dalam sesi ini, Ufwan banyak memaparkan tentang bagaimana praktek memulai bisnis, melihat peluang, dan bagaimana membuat perencanaan bisnisnya. Poin penting yang disampaikan Ufwan adalah, Ide merupakan modal utama dalam berbisnis, bukan Uang. Dalam pemaraparannya, beberapa kali Ufwan menceritakan pengalamannya dan menekankan kepada para peserta agar jangan takut untuk memulai bisnis meskipun tidak memiliki uang. Kunci bisnis yang baik adalah ide, sialturahmi, dan kepercayaan.

Amri, salah satu peserta, mengemukakan “acara ini sangat bermanfaat dan bagus sekali untuk kita memiliki kemampuan berwirausaha” meskipun, lanjutnya “di sesi kedua jujur kami sudah agak lelah, namun terobati dengan materi yang sangat menarik”, seraya tertawa sambil mengharap Prodi dapat menyelenggarakan kegiatan serupa di waktu yang akan datang.

Pada dasaranya, tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi softskill mahasiswan dalam rangka memperkuat daya saing lulusan di masa yang akan datang. Salah satu daya saing yang dimaksud adalah memiliki kemampuan softskill yang berkaitan dengan Entrepreneurship. Oleh karena itu, kegiatan ini penting dilaksanakan karena akan memperkuat dan membekali kemampuan berwirausaha mahasiswa Program Studi D3 Marketing.