LAUNCHING FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNTIRTA

15-02-2016 614 Pembaca

Perkembangan Ilmu Ekonomi dan Bisnis telah merubah persepsi baru di tengah masyarakat khususnya di masyarakat kampus. Pola pengelolaan Fakultas Ekonomi baru yang terbentuk melalui pembagian rumpun ilmu ekonomi dan bisnis  telah melahirkan pemahaman baru dalam pengelolaan Fakultas Ekonomi menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Keberadaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis telah mendorong akselerasi perkembangan ilmu pengetahuan sampai ke praktiknya sehingga bisa diterima oleh masyarakat umum.

Transformasi perubahan ini tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat umum tetapi juga membuka peluang baru dalam mendorong masyarakat kampus untuk lebih banyak menghasilkan karya-karya ilmiah yang bermanfaat bagi masyarakat.

      Pendidikan ilmu ekonomi, manajemen/bisnis dan akuntansi di Indonesia mengalami perubahan yang mendasar, hal ini dikarenakan:

  1. Meningkatnya kebutuhan tenaga professional di bidang ekonomi, manajemen/bisnis dan akuntansi seiring dengan perkembangan lingkungan bisnis dan ekonomi.
  2. Arus globalisasi yang sangat cepat dan besar berpengaruh terhadap pendidikan di bidang ekonomi, manajemen/bisnis dan akuntansi.

Menghadapi kondisi ini diperlukan penataan sistem pendidikan yang mendasar agar dapat mengatasi kompleksitas perkembangan lingkungan ekonomi dan bisnis yang dapat mengantisipasi kebutuhan professional di masa datang, sehingga diperlukan reformasi dan peningkatan kualitas pendidikan  ekonomi, manajemen/bisnis dan akuntansi sejalan dengan berbagai tuntutan perubahan lingkungan global. Upaya peningkatan kualitas pendidikan dilakukan melalui aturan yang disepakati atau telah diterima secara akademik baik dari dalam negeri maupun internasional. Oleh karenanya diperlukan suatu penyesuaian yang dilakukan fakultas ekonomi untirta guna mengikuti perkembangan tersebut.

Keberadaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Untirta diharapkan akan lebih memperkuat perencanaan, penggunaan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dalam meningkatkan tri dharma perguruan tinggi dan menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing dalam dunia usaha. Guna menghadapi tuntutan tersebut, Asosiasi Fakultas Ekonomi (AFEI) mengadakan pertemuan tanggal 24 November 2010 yang dihadiri oleh Dekan Fakultas Ekonomi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se Indonesia di Brastagi Sumatera Utara dengan rekomendasi yang diputuskan adalah:

  1. AFEI mengusulkan kepada Kemendiknas cq DIKTI mengubah nama Fakultas Ekonomi menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis.
  2. Disepakati bahwa pemberian gelar di Prodi S1 di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis akan dirubah sebagai berikut: Jurusan Ilmu Ekonomi bergelar SE, Jurusan Manajemen bergelar SMn, dan jurusan Akuntansi bergelar SAk.
  3. Disepakati bahwa seluruh program pascasarjana untuk bidang ilmu Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi di bawah pengelolaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Perubahan nama dari fakultas Ekonomi menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dilatar belakangi oleh:

  1. Menuju World Class University, maka upaya yang sama perlu ditempuh ditingkat fakultas.
  2. Makna mendasar dari “World Class” antara lain adalah kesetaraan, artinya lembaga FE/FEB perlu dipandang/mendapat pengakuan setara dengan lembaga yang sama di negara-negara lain, yang dibuktikan dengan adanya akreditasi intenasional, exchange lecturerexchange students, kesetaraan tentang substansi materi pembelajaran dan lain-lain, tanpa harus kehilangan identitas diri berbasis nilai-nilai local (local wisdom). Pada gilirannya  bisa memberikan ruang pada peningkatan students and lecturer mobility.
  3. Bahwa transformasi organisasi Fakultas Ekonomi (FE) menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) yang mengintegrasikan dan menaungi Jurusan Ilmu Ekonomi, Jurusan Manajemen, dan Jurusan Akuntansi merupakan kebutuhan dan keniscayaan untuk merespon tantangan perubahan lingkungan, bukan saja untuk kepentingan akreditasi internasional (AACSB, ABEST21, dll), namun juga untuk mengikuti kecendrungan perubahan (pohon) keilmuan. Perubahan atau penyelarasan nama dari FE menjadi FEB secara nasional telah dirintis juga oleh beberapa PTN, antara lain: UGM, UNDIP, UNPAD, UNS dll.
  4. Mengintegrasikan Jurusan Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi di dalam wadah FEB merupakan langkah strategis dan sinegis. Transformasi ini sekaligus memberikan wadah yang lebih tepat dan sesuai dengan substansi keilmuan yang terefleksikan dalam subjek dan meteri pembelajaran.

Transformasi Fakultas Ekonomi Untirta menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) merupakan suatu kebutuhan dan keninscayaan mengikuti perkembangan dunia pendidikan khususnya ilmu ekonomi dan bisnis. Oleh karena itu diperlukan suatu penyesuaian perbahan nomenklatur Fakultas Ekonomi menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Untirta.  Dengan perubahan tersebut diharapkan FEB untirta lebih diketahui eksistensinya oleh masyarakat baik nasional dan internasional.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Untirta melaksanakan Program pendidikan tinggi yang terdiri dari (1) Program Pendidikan Akademik, (2) Program Pendidikan Vokasi, adapun pengertiannya adalah sebagai berikut :

  1. Program Pendidikan Akademik adalah program pendidikan yang bertujuan menyiapkan peserta didik untuk menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dalam menerapkan, mengembangkan, dan/atau memperkaya khasanah ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau kesenian, serta menyebarluaskan dan mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional. Program Pendidikan Akademik terdiri dari Srata 1 (S1).
  2. Program Pendidikan Vokasi bertujuan menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidang kerja serta memiliki tanggungjawab profesional terhadap pekerjaannya, serta mampu melaksanakan pengawasan dan bimbingan atas dasar keterampilan manajerial yang dimilikinya.

 

Tujuan Program Sarjana (S1)

Tujuan pendidikan Program Sarjana FEB Untirta diarahkan pada hasil lulusan yang memiliki kualifikasi sebagai berikut:

  1. Menguasai dasar-dasar ilmiah dan keterampilan dalam bidang keahlian tertentu sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan, dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada di dalam kawasan keahliannya.
  2. Mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya sesuai dengan bidang keahliannya dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat dengan sikap dan perilaku yang sesuai dengan tata kehidupan bermasyarakat.
  3. Mampu bersikap dan berperilaku dalam membawa diri berkarya di bidang keahliannya maupun dalam kehidupan bersama dalam masyarakat.
  4. Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau kesenian yang merupakan keahliannya.

Nama Program Studi Sarjana:

  1. Manajemen
  2. Akuntansi
  3. Ilmu Ekonomi Pembangunan
  4. Ekonomi Islam

Tujuan Pendidikan Program Vokasi

Tujuan pendidikan program vokasi diarahkan untuk menghasilkan tenaga ahli madya yang memiliki kualifikasi sebagai berikut:

  1. Mampu menguasai perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dalam bidangnya kearah kegiatan yang produktif;
  2. Terampil dan profesional dalam pemecahan masalah serta pelayanan langsung kepada masyarakat sesuai dengan bidang keahliannya;
  3. Memiliki integritas kepribadian yang tinggi serta berjiwa entrepreneurial.

Nama Program Studi Vokasi (Diploma III):

  1. Perpajakan
  2. Akuntansi
  3. Keuangan dan Perbankan
  4. Marketing

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud diatas, Fakultas Ekonomi dan Bisnis mempunyai fungsi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi
  2. Menyelenggarakan pembinaan sivitas Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untirta serta membina hubungan dengan lingkungan strategis sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  3. Menyelenggarakan kegiatan administrasi.

Perubahan nama dari Fakultas Ekonomi menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Untirta berdasarkan konsepContinuous Quality Improvement yang melibatkan proses membangun kultur kualitas mulai dari kualitas sistem sampai dengan kualitas praktik. Dengan cara ini, perubahan nama diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas yang mampu menciptakan praktik bisnis dan ekonomi yang akuntabel, etis dan berkelanjutan.

Dengan diresmikannya perubahan nomenkalatur Fakultas Ekonomi menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untirta diharapkan memberikan semangat baru terhadap perubahan dinamika ilmu ekonomi dan bisnis serta kontribusi nyata kepada masyarakat melalui tri dharma perguruan tinggi. Amiien.

*) Disarikan dari Naskah Akademik FEB Untirta (8 Mei 2015)

 

Presented by RZ

 

Daftar Pustaka

Hasil Rekomendasi Pertemuan Dekan Fakultas Ekonomi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Fakultas Ekonomi Brawijaya tanggal 28 Oktober 2010.

Hasil Pertemuan Asosiasi Fakultas Ekonomi Indonesia (AFEI) di Brastagi - Sumatera  Utara tanggal 24 November 2010.

Naskah Akademik Lembaga Akreditasi Mandiri. 2013. Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Indonesia.

Naskah akademik, 2013. Rancangan Pendirian Lembaga Teknologi Informasi dan Komunikasi. Universitas Negeri Gorontalo.

Peraturan Pemerintah No.66 TAHUN 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.

Pedoman Akademik Untirta Tahun Akademik 2013/2014.

Undang-undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-undang No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

http:www.//afebi.org