BANTEN ECONOMIC OUTLOOK 2017

02-12-2016 557 Pembaca

Kerjasama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untirta dengan Biro Ekbang Provinsi Banten telah sukses menggelar seminar nasional yang bertajuk “Banten Economic Outlook 2017, Mewujudkan Iklim Investasi dan Ekonomi Banten Berdaya Saing Global”

Seminar yang dilaksanakan 29 Nopember 2016 itu dibuka oleh Sekda Provinsi Banten dan welcome speech Rektor Untirta. Dalam kesemptan itu hadir pula mantan Menko Ekuin Prof. Dorodjatun Kuntjoro Djakti , Lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kadin Indonesia dan Badan Koordinasi Penanaman Modal Nasional (BKPM) serta para Tim peneliti FEB yang dimotori oleh Kajur Ekbang Samsul Arifin, SE.ME.

Prof Djatun dalam pembuka diskusi yang dikemas dalam Keynote speech mengusulkan adanya perubahan mindset secara mendasar dalam membuat rencana pembangunan jangka panjang. Perubahan itu harus mengacu pada akar sejarah (histori), demografi dan geografi. Sementara itu Kadin Indonesia menyoroti masalah iklim investasi dan kemudahan dunia usaha. Setidaknya empat kunci yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi melalui dunia usah. Yaitu Iklim invesatsi yang kondusif, pembiayaan yang murah,mempermudah akses asar dan mendorong tumbuhnya budaya inovasi.

Pada bagian lain, Tim peneliti FEB memprediksi pertumbuhan ekonomi Banten pada kisaran 5,3%. Masih ebih tinggi dibandingkan dengan perkiraan LPE Nasional yang hanya 5,1%. Angka pertumbuhan  ekonom banten sebesar itu dapat dicapai jika investasi 2017 mencapai 51,43 Trilyun. Pada sesi diskusi, menanggapi keluhan Sekda Provinsi tentang tingginya angka pengangguran di Provinsi Banten ditengah naiknya nilai ivenstasi, para peneliti FEB mengusulkan bahwa investasi yang harus diupayakan adalah yang dapat menyerap tenaga kerja (padat karya). (fs)